Perspektif hukum Islam terhadap perjanjian pembiayaan hutang piutang (al-Qard) sepeda motor di PT. Central Sentosa Finance Cabang Surabaya Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tantriani, Meita (2018) Perspektif hukum Islam terhadap perjanjian pembiayaan hutang piutang (al-Qard) sepeda motor di PT. Central Sentosa Finance Cabang Surabaya Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Meita Tantriani_C02211036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Data penelitian dihimpun melalui wawancara dengan para pihak yang melakukan akad, yaitu pihak perusahaan dan para nasabah serta studi pustaka dengan menelaah buku, literatur, dan laporan yang hubungannya dengan permasalahan. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif, yaitu dengan menganalisis data berdasarkan teori yang digunakan untuk memecahkan permasalahan di dalam penelitian ini yang dituangkan ke dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian nmenyimpulkan bahwa: pertama, pembiayaan hutang piutang (al-qard}) sepeda motor di PT. Central Sentosa Finance cabang Surabaya Barat adalah suatu program kredit yang diberikan kepada konsumen dengan jangka waktu pelunasan selama tujuh belas bulan sampai dua puluh tiga bulan. Berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak di awal perjanjian, dalam praktik pembiayaan hutang piutang ini terdapat adanya praktik pengenaan bunga, pembebanan denda keterlambatan angsuran, dan penjualan barang jaminan ketika hutang tidak terlunasi; kedua, praktik pengenaan bunga dalam pembiayaan Hutang Piutang tersebut bertentangan dengan Hukum Islam karena termasuk riba. Adapun mengenai pembebanan denda keterlambatan angsuran dan penjualan barang jaminan ketika hutang tidak terlunasi tidak dilarang dalam Hukum Islam dengan catatan disepakati di awal perjanjian guna melindungi perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tantriani, Meitametha_tantri@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Keuangan Islam
Keywords: Pembiayaan hutang piutang; al Qard
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Tantriani Meita
Date Deposited: 09 May 2018 08:59
Last Modified: 09 May 2018 08:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24953

Actions (login required)

View Item View Item