Manajemen pengelolaan siswa bermasalah di SMP IPIEM Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubaidah, Lilik (2011) Manajemen pengelolaan siswa bermasalah di SMP IPIEM Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lilik Zubaidah_D03206028.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Masa pubertas atau bisa juga disebut remaja awal berada dalam masa transisi dan sedang mencari identitas diri sehingga tidak dapat terlepas dari persoalan- persoalan atau masalah yang mengiringi masa pertumbuhan itu. Dapat di perkirakan bahwa gambaran kaum remaja sekarang adalah pencerminan realita remaja yang akan datang salah satu contoh masalah kenakalan remaja. Mereka sering bertindak brutal dan anarkis dalam setiap aksinya. Akan tetapi bentuk kenakalan di kategorikan menjadi dua, yaitu kenakalan ringan (membolos, mencontek dan tidak disiplin) dan kenakalan (merampok, mencuri, memperkosa dan narkotika) berat. Sehingga dari sini dapat mendorong penulis untuk menemukan jawaban dari apa saja jenis-jenis siswa bermasalah di SMP IPIEM Surabaya, bagaimana manajemen pengelolaan siswa bermasalah di SMP IPIEM Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, obserbvasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui pendekatan kualitatif dimana lebih menekankan analisisnya pada proses induktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis siswa bermasalah di SMP IPIEM Surabaya adalah, siswa bermasalah dengan kenakalanya, siswa bermasalah dengan belajarnya dan siswa bermasalah dengan orang tuanya. Dan upaya manajemen sekolah menangani siswa bermasalah ini dengan cara preventif, represif, kuratif dan rehabilitasi. Adapun yang bermasalah dengan belajarnya dengan mengadakan les dan mengoptimalisasikan perpustakaan sebagai wahana belajar. Serta siswa yang bermasalah dengan orang tuanya adalah dengan cara mengkomunikasikan antara anak dengan orang tua dan sekolah sebagai pusat mediasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubaidah, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masalah sosial
Remaja
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Manajemen pengelolaan; siswa bermasalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 May 2018 02:24
Last Modified: 25 May 2018 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25208

Actions (login required)

View Item View Item