Penentuan titik utara sejati dengan bayang-bayang azimuth dan implementasinya dalam analisis arah kiblat: studi kasus pada lima Masjid Besar di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Matin, Haidar (2009) Penentuan titik utara sejati dengan bayang-bayang azimuth dan implementasinya dalam analisis arah kiblat: studi kasus pada lima Masjid Besar di Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haidar Matin_C01304015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab 3 pertanyaan:1. Bagaimana ihwal penentuan sudut arah kiblat lima masjid Besar di Surabaya; 2. Berapa harga sudut arah kiblat yang riil dari kelima masjid tersebut bila diukur dengan mengaplikasikan alat bantu segitiga siku-siku yang mengacu pada Titik Utara Sejati (TUS) yang ditentukan dengan bayang-bayang azimuth Matahari; 3. Seberapa besar harga deviasi sudut arah kiblat riil dari kelima masjid tersebut jika diverifikasi dengan harga sudut arah kiblat yang seharusnya yang dihasilkan melalui perhitungan teoritik. Data untuk menjawab pertanyaan tersebut dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi pengukuran, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelima masjid besar di Surabaya tidak ditemukan data yang memadai seputar ihwal penentuan arah kiblatnya mengenai tiga aspek yang digali penelitian ini, yakni subyek penentu, cara/teknik penentuan, dan alat bantu yang digunakan. Pada Masjid Rahmat hanya ditemukan data tentang subyek penentu dan alat bantu yang digunakan. Pada masjid Agung Sunan Ampel hanya ditemukan data tentang subyek penentu. Pada Masjid Jami' Kemayoran hanya ditemukan data tentang alat bantu yang digunakan. Sedangkan Masjid Mujahidin dan Al akbar, tidak ada data tentang ihwal penentuan arah kiblat yang bisa ditemukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Matin, HaidarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masjid
Keywords: Penentuan titik utara sejati; Bayang-bayang azimuth; Penentuan arah kiblat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2018 08:18
Last Modified: 25 Jun 2018 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25293

Actions (login required)

View Item View Item