Karakteristik slapstick dalam serial film animasi bisu: analisis semiotika Roland Barthes dalam Serial Animasi Bernard Bear, Larva dan Shaun the Sheep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifa, Zaynina (2018) Karakteristik slapstick dalam serial film animasi bisu: analisis semiotika Roland Barthes dalam Serial Animasi Bernard Bear, Larva dan Shaun the Sheep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zaynina Afifa_B06214022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Karakteristik Slapstick Dalam Serial Film Animasi Bisu (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Serial Animasi Bisu Bernard Bear, Larva, dan Shaun the Sheep) menggunakan karakteristik Slapstick sebagai subjek penelitian dan serial film animasi bisu Bernard Bear, Larva dan Shaun the Sheep menjadi objek penelitian dengan menggunakan analisis teks media. Terdapat fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini, yaitu: Apa saja penanda (signifier) dan petanda(signified)karakteristik Slapstick dalam film animasi Bernad Bear, Larva, dan Shaun the Sheep serta pesan yang terkandung dalam serial film animasi Bernad Bear, Larva, dan Shaun the Sheep dibalik adegan Slapstick
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan paradigma kritis. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Dengan menggunakan enam elemen milik Roland Barthes dapat ditemukan penanda dan petanda karakteristik Slapstick dan pesan pada film serial animasi bisu dibalik adegan Slapstick . Analisis ini digunakan untuk menafsirkan makna dari suatu pesan komunikasi baik secara tertulis maupun tidak tertulis dari komunikator kepada komunikan. Pada penelitian ini terdapat penanda dan petanda yang menggambarkan karakteristik slapstik dan pesan dibalik adegan Slapstick . Terdapat dua tataran yang digunakan dalam penelitian ini, yakni tataran pertama denotatif dan tataran kedua konotatif. Penanda tataran pertama pada karakteristik Slapstick berupa gambar adegan yang menunjukkan Slapstick yang sesuai dengan kriteria karakteristik yang telah ditentukan oleh peneliti. Sedangkan petanda tataran pertama merupakan penjelasan gambar mengenai adegan Slapstick yang sesuai dengan kriteria karakteristik Slapstick dalam film animasi bisu. Tataran kedua yang lebih mempunyai makna konotatif melibatkan hubungan antara semua kriteria karakteristik pada film yang dilihat lebih dalam lagi, sehingga menghasilkan makna lain pada kriteria adegan Slapstick .selain itu, makna konotatif juga menghasilkan karakteristik Slapstick yang memberdakan ketiga jenis animasi tersebut. Adapun persamaan hasil dari karakteristik Slapstick pada ketiga serial ini yakni, Slapstick pada film tidak bersifat negatif dan hanya menjadi penunjang film animasi ini dalam menyampaikan pesan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifa, Zayninazayninaaf@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film
Keywords: Karakteristik Slapstick; Film Animasi Bisu; Semiotika Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Afifa Zaynina
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:35
Last Modified: 07 Aug 2018 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26151

Actions (login required)

View Item View Item