Studi Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Siswa Yang Lulusan Mts Dan Siswa Yang lulusan Smp Di MAN Bangkalan Kelas X Materi Al-Qur'an Kitab-Ku

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarrohah, Lailatul (2018) Studi Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Siswa Yang Lulusan Mts Dan Siswa Yang lulusan Smp Di MAN Bangkalan Kelas X Materi Al-Qur'an Kitab-Ku. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Mufarrohah_D71214042.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu:Permasalahn yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadis siswa MAN Bangkalan kelas X yang berlatar belakang lulusan Mts? (2) Bagaimanakah prestasi balajar mata pelajaran Al Qur’ah Hadis siswa MAN Bangkalan kelas X yang berlatar belakang lulusan SMP? (3) Bagaimanakah perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadits siswa MAN Bangkalan kelas X yang berlatar belakang lulusan Mts dan lulusan SMP?Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah siswa dengan latar belakang Mts yang ada dalamsekolah dari pada siswa dengan latar belakang SMp sehingga ini akan menimbulkan pertanyaan apakah hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa yang berlatr belakang Mts menurun dan hasil belajar siswa yang berlatar belakang SMP jauh lebih baik.Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa MAN Bangkaln dengan jumlah 476 siswa kelas x di MAN Bangkalan. Sampel yang di ambil adalah 20 orang siswa yang lulusan Mts dan 20 orang siswa yang lulusan SMP. Dengan teknik analisis “t” tes untuk menyatakan adanya perbedaan hasil belajar mata pelajaran MAN Bangkalan..Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan SPSS (uji t) dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa yang berlatar belakang lulusan Mts di MAN Bangkalan adalah 91,45. (2) rata-rata hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa yang berlatar belakang lulusan SMP di MAN Bangkalan kelas X adalah 89,20. (3) dari hasil analisis uji t atau T-tes menyatakan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa yang lulusan Mts dan siswa yang lulusan SMP. Berdasarkan perbandingan rat-rata (mean) hasil prestasi siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa yang lulusan Mts ternyata lebih tinggi dari pada hasil prestasi siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa yang lulusan SMP.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarrohah, LailatulLailatulmufarrohah1995@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Komparasi; hasil belajar; Al-Qur’an Hadits
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mufarrohah Lailatul
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:51
Last Modified: 07 Aug 2018 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26404

Actions (login required)

View Item View Item