PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS I MI MIKSYAFUL ULUM BERATWETAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tamaroh, Enik (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS I MI MIKSYAFUL ULUM BERATWETAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Sebagai pendidik, guru memiliki tanggung jawab besar terkait dengan kegiatan pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan mengingat kemampuan dasar siswa dan daya tangkap terhadap materi belajar Matematika berbeda – beda. Oleh karenanya guru harus pandai memilih strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan keadaan kelasnya. Pembelajaran drill merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang menggabungkan antara belajar individu dan kelompok. Pada pembelajaran ini siswa terlebih dahulu diharuskan memahami materi dan mengerjakan soal yang ada secara individu, setelah itu siswa berdiskusi dengan teman satu kelompoknya untuk saling berbagi hasil pemikiran masing-masing. Keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dilihat dari hasil belajar yang diperoleh berupa nilai ulangan harian yang dilaksanakan dalam tiap akhir siklus. Tingkat pemahaman siswa dalam pelajaran Matematika akan meningkatkan motivasi belajar Matematika begitu juga sebaliknya.
Penelitian ini dilakukan di MI Miksyaful Ulum Beratwetan Gedeg Kab. Mojokerto dengan rumusan masalah 1) Bagaimanakah, penerapan metode drill dalampembelajaranMatematika tentang penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I MI Miksyaful Ulum? Dan 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran drill pada siswa Kelas I tahun pelajaran 2014/2015 ? Sedangkan dalam penelitian ini adalah : 1) Ingin mengetahui penerapan metode drill dalam pembelajaran Matematika pada siswa Kelas I MI Miksyaful Ulum. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatifyang terdiri 2 siklus. Tingkat keberhasilan dapat dilihat dengan mengamati peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah fact testberupa ulangan harian diakhir siklus I dan II.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas I MI Miksyaful Ulum Beratwetan Gedeg Kab. Mojokerto mengalami peningkatan yang positif sebesar 23,60 dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I hasil belajarnya 60,40 dan siklus II 84,00, begitu pula ketuntasan belajar Matematika siswa terjadi peningkatan sebesar 53,33% dari siklus I 40,00 % ke siklus II 93,33%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Bahri Musthofa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tamaroh, EnikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Metode Drill; Hasil Belajar; Penjumlahan; Pengurangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 10 Nov 2015 07:33
Last Modified: 10 Nov 2015 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2645

Actions (login required)

View Item View Item