PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA POKOK BAHASAN MENGHITUNG LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH FUTUH SUMURGUNG TUBAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Wartono Rohmad (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA POKOK BAHASAN MENGHITUNG LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH FUTUH SUMURGUNG TUBAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan lemahnya proses pembelajaran yang selama ini masih menggunakan model pembelajaran secara konvensional yang banyak didominasi guru. Sehingga aktivitas belajar siswa di sekolah sangat rendah. Sebagai upaya yang dapat dilkukan untuk menanggulangi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini siswa dapat berperan aktif dan selalu dalam keadaan siap dalam menerima materi palajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada pokok bahasan menghitung luas dan keliling bangun datar di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Futuh Sumurgung Tuban tahun pelajaran 2014/2015?
Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada pokok bahasan menghitung luas dan keliling bangun datar di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Futuh Sumurgung Tuban tahun pelajaran 2014/2015.
Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V MI. Futuh Sumurgung Tuban yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilakukan dalam 2 kali putaran, dimana masing-masing putaran merupakan rangkaian kegiatan dengan urutan perencaaan, tindakan dan observasi, refleksi.
Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi luas dan keliling bangun datar sudah terlaksana dengan sangat baik. hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus II, dimana skor akhirnya sebesar 3,86, artinya masuk dalam kriteria sangat baik. Sangat baiknya pelaksanaan pembelajaran tersebut berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklu I dan siklus II. pada siklus I sebesar 45% sedangkan pada siklus II sebesar 85%. Sehingga diketahui ada peningkatan sebesar 40%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mukhlishah AM
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Wartono RohmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Model; Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT; Hasil Belajar; Matematika;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:57
Last Modified: 12 Nov 2015 00:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2656

Actions (login required)

View Item View Item