Pemodelan sedimentasi pasca reklamasi dan masterplan di Teluk Jakarta menggunakan perangkat lunak Mike21

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Rachmat Agung (2018) Pemodelan sedimentasi pasca reklamasi dan masterplan di Teluk Jakarta menggunakan perangkat lunak Mike21. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rachmat Agung Saputra_H94214027.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Reklamasi adalah pekerjaan timbunan di perairan atau pesisir yang mengubah garis pantai atau kontur kedalaman perairan. Perairan yang mengalami laju sedimentasi yang tinggi cenderung mengalami sedimentasi tinggi. Perairan yang mengalami sedimentasi yang tinggi akan mengakibatkan pendangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pola arus dan sedimen akibat adanya pulau reklamasi, menganalisis perubahan batimetri, dan mengitung volume pengerukan akibat adanya pulau reklamasi. Permasalahan pendangkalan yang terjadi teluk Jakarta dapat dikaji dengan perangkat lunak Mike21 dengan menggunakan modul hidrodinamika dan Mud Transport. Analisis dibagi menjadi 3 kawasan: kawasan wisata bahari, kawasan pelabuhan, dan kawasan biota laut. Pada musim barat kecepatan pada kawasan wisata bahari lebih cepat daripada kawasan pelabuhan dan biota laut, sedangkan pada musim timur kecepatan arus di kawasan biota laut lebih besar daripada kawasan wisata bahari dan kawasan pelabuhan. Kecepatan arus pada kondisi masterplan lebih kecil daripada kondisi pasca reklamasi, hal ini dikarenakan pembelokan arus adanya pulau reklamasi. Hasil pemodelan sedimentasi pada kawasan wisata bahari Total SSC dan deposit meningkat dari pasca reklamasi ke masterplan, pada kawasan Pelabuhan Total SSC dan deposit meningkat dari pasca ke masterplan, Sedangkan pada kawasan Biota Laut Total SSC dan Deposit meningkat dari pasca reklamasi ke masterplan. Hal ini disebabkan oleh melemahnya kecepatan arus akibat adanya pulau reklamasi, sehingga mengakibatkan sedimentasi yang tinggi di sekitar pulau reklamasi. Total konsentrasi sedimen tersuspensi pada kawasan biota laut lebih besar daripada kawasan pelabuhan dan kawasan wisata bahari. Deposit kawasan pelabuhan lebih besar dari pada kawasan biota laut dan wisata bahari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Rachmat Agungragung3003@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fisika
Ilmu Kelautan
Teknologi
Keywords: reklamasi; arus; teluk Jakarta; sedimentasi; Mike21
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Saputra Rachmat Agung
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:41
Last Modified: 08 Aug 2018 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26688

Actions (login required)

View Item View Item