فعالية استخدام الوسائل التعليمية " برنامج توندو كوميك ماكر" لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل العاشر بمدرسة سبيل المتقين الثانوية فوغيغ موجوكرتو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makruf, Ibnu (2018) فعالية استخدام الوسائل التعليمية " برنامج توندو كوميك ماكر" لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل العاشر بمدرسة سبيل المتقين الثانوية فوغيغ موجوكرتو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ibnu Makruf_D02212009.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tujuan dari pembelajaran bahasa arab adalah bisa mendapatkan keterampilan empat yaitu keterampilan membaca, mendengar, membaca, dan menulis. Tetapi sebagaimana yang dikatakan oleh ibu guru bahasa arab khairun nisa’ ” sesungguhnya kemampuan siswa di sekolah SMA Sabilul Muttaqin Pungging Mojokerto adalah kurang dalam hal keterampilan menulis. Ini berdasarkan hasil ujian mereka yang tidak mencapai batas kkm yanti 75. Hal inilah yang menjadikan mereka merasa bahwa pelajaran bahasa arab khususnya dalam keterampilan menulis adalah sulit dirasa. Berdasarkan keadaan tersebut, peneliti ingin membuat penelitian dengan menggunakan media pembelajaran komik tondo maker agar bisa meningkatkan keterampilan siswa dalam pelajajaran bahasa arab khususnya dalam keterampilan menulis. Media ini bisa dikatakan efektif bagi mereka dengan berdasarkan hasil pre-test yang mana hasilnya adalah 2695, dan setelah menggunakan media ini post-test menjadi 3300, ini menunjukkan bahwa media tersebut memiliki pengaruh yang kuat untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka. Sedangkan hasil T hitung adalah 3,255 lebih besar dari pada T Tabel yaitu 2,30, ini menunjukkan ditolaknya Ho. Dan hasil sig. Tailed 0,003 lebih kecil dari pada 0,005, ini menunjukkan ditolaknya Ho dan diterimanya Ha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makruf, Ibnuibnumarfu94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Penggunaan Media Pembelajaran Komik Tondo Maker; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Makruf Ibnu
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:55
Last Modified: 13 Aug 2018 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27252

Actions (login required)

View Item View Item