كفاءة شخصية المدرس عند الشيخ هاشم أشعري: دراسة تحليلية عن مدرسي اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سومنب

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laily, Siti Zulfiatul (2018) كفاءة شخصية المدرس عند الشيخ هاشم أشعري: دراسة تحليلية عن مدرسي اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سومنب. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Zulfiatul Laily_D72214039.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dewasa ini marak sekali terjadi kekerasan di lingkungan sekolah. Baik yang terjadi antara guru dengan guru, siswa dengan siswa, maupun guru dengan siswa. Hal tersebut dilatar belakangi oleh krisis moral antar keduanya. Tugas guru tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan yang ia miliki namun guru memiliki tanggung jawab dalam pembentukan moral siswa. Untuk itu guru dituntut untuk memiliki kepribadian atau moral yang baik pula. Karena guru merupakan panutan bagi para siswanya. Kitab Adabul Alim wa Al Muta’allim merupakan salah satu kitab yang membahas tentang beberapa kepribadian yang harus dimiliki guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Madrasah Aliyah Negeri Sumenep merupakan satu-satunya madrasah negeri di sumenep dan merupakan sekolah favorit sehingga saya ingin mengetahui bagaimana kepribadian guru bahasa arab. Penelitian ini diorientasikan untuk menjawab tiga pokok permasalahan. Pertama Kompetensi Kepribadian Guru Perspektif KH. Hasyim Asy’ari, Kedua kompetensi kepribadian guru bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep, ketiga Relevansi antara kompetensi kepribadian guru perspektif KH Hasyim Asy’ari dan kompetensi kepribadian guru bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Analisis Deskriptif Langkah pertama yang dilakukan peneliti adalah menganalisis kitab Adabul Alim Wa Al Muta’allim yang kemudian dijadikan sumber rujukan ketika melakukan penelitian di lapangan mengenai kompetensi kepribadian guru di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep. Kemudian ditarik kesimpulan dalam bentuk analisis deskriptif mengenai relevansi antar keduanya. Hasil dari penelitian ini secara umum adalah kompetensi kepribadian guru menurut KH Hasyim Asy’ari memiliki relevansi yang sangat signifikan dengan kompetensi kpribadian guru bahasa arab di MAN Sumenep. Hal tersebut dapat dilihat dari kesamaan dari masing-masing indikator yang ada. Selain itu kitab ini dapat digunakan sebagai landasan bagi para guru dalam mengembangkan kompetensi kepribadiannya dikarenakan isi dalam kitab ini relevan dengan kompetensi kepribadian guru yang dirumuskan oleh UU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laily, Siti Zulfiatulzulfiaputri97@gmail.comD72214039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru; Adabul Alim Wa Al Muta'allim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Laily Siti Zulfiatul
Date Deposited: 14 Aug 2018 01:26
Last Modified: 30 Nov 2020 23:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27332

Actions (login required)

View Item View Item