Analisis hukum pidana Islam terhadap tindak pidana tanpa hak menjual Narkotika jenis Sabu yang dilakukan oleh anak: studi putusan nomor: 1/Pid.sus-Anak/2014/PN.Pli

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Ifdhotul (2018) Analisis hukum pidana Islam terhadap tindak pidana tanpa hak menjual Narkotika jenis Sabu yang dilakukan oleh anak: studi putusan nomor: 1/Pid.sus-Anak/2014/PN.Pli. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ifdhotul Lailiyah_C73214047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilakukan untuk menjawab dua pertanyaan, yaitu 1) Bagaimana Pertimbangan Hakim Dalam Putusan Nomor 1/Pid.Sus-Anak/2014/PN.Pli Tentang Tanpa Hak Menjual Narkotika Jenis Sabu Yang Dilakukan Oleh Anak dan 2) Bagaimana Analisis Hukum Pidana Islam Terhadap Putusan Nomor 1/Pid.Sus-Anak/2014/PN.Pli Tentang tanpa Hak Menjual Narkotika Jenis Sabu Yang Dilakukan Oleh Anak. Teknik pengumpulan data dilakukan oleh penulis dengan cara studi kepustakaan dengan pengumpulan dokumen-dokumen terkait permasalahan. Selanjutnya data dianalisis menggunakan pola pikir deduktif, yaitu analisis yang berangkat dari kebenaran umum suatu fenomena dan mengeneralisasi kebenaran tersebut pada suatu peristiwa atau data tertentu yang memiliki kesamaan dengan fenomena yang bersangkutan. Kesimpulan penulis bahwa keputusan yang ditetapkan oleh majelis hakim berupa hukuman penjara selama 2 (dua) tahun 6 (enam) bulan dan denda sebesar Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) dengan ketentuan jika denda tidak dibayar harus diganti dengan pidana penjara selama 1 (satu) bulan. Sedangkan hal tersebut berbeda dengan hukum pidana Islam yang pada dasarnya terdakwa tersebut dapat dikenakan sanksi had (dera) akan tetapi berhubungan pelaku tersebut masih di bawah umur maka terdakwa dijatuhkan hukuman berupa takzir (peringatan) yang sekiranya bersifat mendidik dan membuat pelaku tidak mengulanginya lagi (berefek jera). Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan bagi penegak hukum lebih memperhatikan duduk perkara dan lebih mendetail yang berkaitan dengan perbuatan yang dilakukan anak tersebut sehingga tidak memberikan dampak yang fatal bagi kondisi dan masa depan anak tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Ifdhotulifdhotul.lailiyah29@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Hukum Islam
Narkotika
Keywords: Hukum pidana Islam; narkotika; anak; tindak pidana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Lailiyah Ifdhotul
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:47
Last Modified: 14 Aug 2018 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27433

Actions (login required)

View Item View Item