Pengembangan buku ajar Matematika dengan pendekatan budaya pada materi teorema pythagoras

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiawati, Anum (2011) Pengembangan buku ajar Matematika dengan pendekatan budaya pada materi teorema pythagoras. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anum Widiawati_D04206036.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Buku ajar adalah buku yang disusun sedemikian rupa sehingga isi yang disampaikan bisa memahamkan pembaca khususnya siswa dari belum tahu menjadi tahu, dari belum bisa menjadi bisa sehingga siswa bertambah pengetahuannya dan bisa memotivasi siswa untuk belajar yang lebih dalam. Untuk itu peneliti mengembangkan sebuah buku ajar yang berbeda, yaitu buku ajar dengan pendekatan budaya matematika. Pengembangan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan buku ajar matematika dengan pendekatan budaya; kavalidan dan keefektifan buku ajar matematika dengan pendekatan budaya. Pengembangan buku ajar matematika yang digunakan adalah model 4-D dari Thiagarajan yang dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Subyek dalam penelitian ini adalah buku ajar matematika dengan pendekatan budaya sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah 35 siswa. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakaan analisis data kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi buku ajar dan soal tes. Dalam penelitian ini dijelaskan proses pengembangan 4-D Thiagarajan mulai dari tahap define hingga develop. Selain itu basil pengembangan buku ajar matematika dengan pendekatan budaya adalah telah memenuhi kriteria sangat valid dan efektif. Sehingga buku ajar matematika dengan pendekatan budaya dapat digunakan sebagai altarnatif bahan pembelajaran di dalam dunia pendidikan pada saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiawati, AnumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Matematika
Budaya
Keywords: Buku ajar Matematika; budaya; model pengembangan 4-D Thiagarajan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:48
Last Modified: 02 Oct 2018 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28042

Actions (login required)

View Item View Item