الصراع الباطني عند سعاد في رواية "ونسيت أنّي امرأة" لإحسان عبد القدوس: دراسة أدبية نفسية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianti, Alfin Sani (2019) الصراع الباطني عند سعاد في رواية "ونسيت أنّي امرأة" لإحسان عبد القدوس: دراسة أدبية نفسية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfin Sani Febrianti_A01215003.pdf

Download (4MB)

Abstract

Konflik Batin pada Tokoh Suad dalam Novel “Wanasitu Anni Imra’ah” Karya Ihsan Abdul Quddus (Studi Psikologi Sastra)
Novel “Wanasitu Anni Imra’ah” adalah karya Ihsan Abdul Quddus yang terbit pada tahun 1952. Novel ini menceritakan tentang tokoh Suad seorang perempuan Mesir yang sangat berambisi dalam mengejar karier, sehingga ia melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan. Pertentangan batin pada diri Suad menjadikan novel ini menarik untuk diteliti. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk konflik batin pada tokoh Suad dalam novel “Wanasitu Anni Imra’ah”? (2) Bagaimana faktor-faktor penyebab konflik batin pada tokoh Suad dalam novel “Wanasitu Anni Imra’ah”?. Untuk menjawab dua permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra, ditinjau dari segi karya sastra itu sendiri, yaitu untuk mengungkap bentuk serta faktor penyebab konflik batin. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada 20 data yang mengandung konflik batin pada Suad. Dari 20 data tersebut, peneliti mengelompokkan sesuai bentuk konflik. Yaitu: 5 data termasuk konflik mendekat-mendekat, 4 data termasuk konflik menjauh-menjauh, dan 11 data termasuk konflik mendekat-menjauh. Sedangkan pada faktor penyebab peneliti menemukan 5 faktor dari 6 faktor konflik. Yaitu: 1 data faktor perilaku, 6 data faktor kepribadian, 7 data faktor ketidakberdayaan, 4 data faktor agresi, dan 2 data faktor kerugian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianti, Alfin Sanialfinsanifebrianti@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sastra
Keywords: Psikologi Sastra; Konflik Batin; Novel Wanasitu Anni Imra’ah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Febrianti Alfin Sani
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:52
Last Modified: 12 Feb 2019 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29420

Actions (login required)

View Item View Item