الاستعارة وفوائدها في رواية عذراء جاكرتا لنجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'ah, Izzat (2019) الاستعارة وفوائدها في رواية عذراء جاكرتا لنجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzat Nafi'ah_A71215067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Novel “Gadis Jakarta” adalah satu dari sekian banyak novel hasil karya sastrawan Mesir “Najib Kailani”. Novel ini menceritakan tentang seorang gadis dari anggota Masyumi yang berjuang dengan gigihnya untuk mempertahankan ideologinya dan menyerang satu partai politik (PKI) yang menurutnya adalah partai yang buruk. Najib Kailani menggunakan beberapa keindahan gaya bahasa majaz isti’arah dalam karya novel ini untuk memperindah maknanya. Majaz isti’arah merupakan satu dari sekian pokok pembahasan dalam Ilmu Bayan. Untuk memahami makna yang tersirat dari keindahan bahasa majaz ist’arah pada novel Gadis Jakarta, dalam penelitian ini akan dibahas mengenai “Majaz Isti’arah dan Manfaatnya Dalam Novel Gadis Jakarta Karya Najib Kailani”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Berapa macam majaz isti’arah dalam novel Gadis Jakarta karya Najib Kailani? 2) Apa manfaat majaz isti’arah dalam novel Gadis Jakarta karya Najib Kailani? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu metode penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif dan bukan berupa angka. Seperti data-data yang mengandung unsur gaya bahasa majaz isti’arah dalam novel Gadis Jakarta Karya Najib Kailani yang ditemukan oleh penulis dalam penelitian ini. Penulis menemukan data di 52 tempat dalam novel “Gadis Jakarta” karya Najib Kailani yang mengandung unsur gaya bahasa majaz isti’arah. 52 tersebut terbagi menjadi: 23 unsur gaya bahasa majaz isti’arah tashrihiyyah, 24 unsur gaya bahasa majaz isti’arah makniyyah, dan 5 unsur gaya bahasa majaz isti’arah tamthiliyyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'ah, Izzatizzatnavhy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sastra
Keywords: Isti'arah; Balaghah; Gaya Bahasa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nafi'ah Izzat
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:59
Last Modified: 11 Feb 2019 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29699

Actions (login required)

View Item View Item