Peningkatan pemahaman mata pelajaran akidah akhlak materi beriman kepada malaikat Allah melalui metode mind mapping kelas III MI Muhammadiyah 23 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bhagaskara, Arindra Evandian (2019) Peningkatan pemahaman mata pelajaran akidah akhlak materi beriman kepada malaikat Allah melalui metode mind mapping kelas III MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arindra Evandian Bhagaskara_D07215005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini ialah rendahnya tingkat pemahaman siswa kelas III pada materi beriman kepada malaikat Allah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang ada di kelas hanya berpusat pada guru sehingga siswa menjadi bosan dan tidak memperhatikan. Lalu yang kedua disebabkan karena submateri pada materi beriman kepada malaikat Allah yang banyak sehingga siswa mengalami kesulitan. Dari total 18 siswa yang berada di kelas III hanya ada 7 siswa yang mampu memenuhi nilai KKM yang ditentukan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pemahaman Siswa Kelas III MI Muhammadiyah 23 Sebelum diterapkannya metode Mind Mapping? (2) Bagaimana penerapan metode Mind Mapping pada materi beriman kepada malaikat Allah di kelas III MI Muhammadiyah 23 Surabaya? (3) Bagaimana peningkatan pemahaman materi beriman kepada malaikat Allah melalui metode Mind Mapping pada mata pelajaran akidah akhlak kelas III MI Muhammadiyah 23 Surabaya?. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penulisan ini adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 18 siswa dan tempat penelitian di MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting, Observing, Reflecting. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, Tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penerapan metode Mind Mapping berhasil karena guru bisa menerapkan metode Mind Mapping ini dengan baik dalam pembelajaran sehingga siswa aktif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan skor pengamatan aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan, yaitu skor aktivitas guru yang mendapat skor 88,2(Baik) pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 93,4(Sangat Baik) pada siklus II. Kemudian skor pengamatan terhadap aktivitas siswa yang mendapat skor 75(Cukup) pada siklus I menjadi 87,5(Baik) pada siklus II. (2) Selain itu juga peningkatan pemahaman siswa kelas III juga berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dari tahap pra siklus, siklus I maupun siklus II. Rata-rata nilai pemahaman siswa pada pra siklus yaitu sebesar 68,5(Cukup) meningkat menjadi 74,4(Cukup) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89,59(Sangat Baik). Lalu dilihat dari persentase ketuntasan pemahaman pada pra siklus sebesar 38,8%(Rendah) meningkat menjadi 55.5%(Cukup) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi sebesar 83,3%(Tinggi Sekali).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bhagaskara, Arindra Evandianarindrabhagas@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Metode Pembelajaran
Malaikat
Keywords: Pemahaman; Beriman kepada malaikat Allah; Mind mapping
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Bhagaskara Arindra Evandian
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:28
Last Modified: 13 Feb 2019 01:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29759

Actions (login required)

View Item View Item