فعالية تطبيق برنامج التصريف " Tasrif Lughowi Engine" في إتقان الضمائر في تعليم القواعد لدى طلاب الفصل الثامن بمدرسة تانادا المتوسطة وارو سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

El Khumairoh, Sayyidah (2019) فعالية تطبيق برنامج التصريف " Tasrif Lughowi Engine" في إتقان الضمائر في تعليم القواعد لدى طلاب الفصل الثامن بمدرسة تانادا المتوسطة وارو سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Sayyidah El Khumairoh_D02214017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tata bahasa merupakan hal yang penting dalam pembelajaran bahasa Arab dan penerapannya. Seseorang tidak dapat berbicara dan menulis bahasa Arab dengan baik, dan tidak dapat memahami kata-kata pembicara dengan baik. serta tidak dapat membaca teks-teks Arab kecuali dengan aturan tata bahasa Arab. Dengan berjalannya waktu di era teknologi ini, setiap sisi kehidupan dituntut untuk menggunakan produk teknologi. Begitu juga dalam pembelajaran bahasa Arab, seorang pengajar diminta agar menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa saat ini, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi agar dapat membantu siswa dalam pemahaman dan memperoleh pengetahuan. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui Efektifitas penerapan aplikasi "Tasrif Lughowi Engine" dalam penguasaan Dhomair pada pembelajaran Qowaid siswa kelas VIII MTs. Tanada Waru Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah: 1) Observasi, 2) Tes, 3) Wawancara, dan 4) Dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya efektifitas dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan aplikasi "Tasrif Lughowi Engine" dalam penguasaan Dhomair pada pembelajaran Qowaid berdasarkan dari hasil analisis dengan menggunakan rumus T-Test yang menunjukkan bahwa T-hitung (-14,2) lebih besar dari pada T-tabel (-1,688 & -2,434). Maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
El Khumairoh, Sayyidahsayyidah3109@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Linguistik
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Tasrif Lughowi Engine; Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khumairoh Sayyidah El
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:16
Last Modified: 14 Feb 2019 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30085

Actions (login required)

View Item View Item