Interaksi sosial anak tunarungu di sekolah study kasus di tk alvenver Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Luluk (2019) Interaksi sosial anak tunarungu di sekolah study kasus di tk alvenver Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
luluk khotimah_D78214026.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan interaksi social anak tunarungu di sekolah study kasus di TK Alvenver Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian meliputi dua anak tunarungu, satu guru kelas, satu guru pendamping, dan 3 anak normal di kelas TK-A Alvenver Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsaan data digunakan uji kredibilitas dengan tringulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunarungu mampu menjalin interaksi social dengan sesame tunarungu, anak normal, guru, dan juga guru pendamping. Interaksi social ditunjukkan dengan menjalin percakapan, makan bersama, bermain bersama, belajar bersama, menjalin kerja sama dan sebagainya. Adapun upaya yang telah dilakukan oleh guru kelas untuk meningkatkan kemampuan interaksi social anak tunarungu yaitu: menempatkan anak tunarungu untuk duduk dengan anak normal, melibatkan anak tunarungu dalam KBM, senantiasa memberikan pujian dan motivasi, serta memberikan arahan pada anak- anak lain untuk memahami kondisi anak tunarungu agar dapat berteman dengna baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Luluklulukkhotimah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Khotimah Luluk
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:52
Last Modified: 14 Feb 2019 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30225

Actions (login required)

View Item View Item