Sejarah Hay'ah Ash-shofwah Al-Malikiyyah di Surabaya (2003-2017 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khakimah, Nurul (2019) Sejarah Hay'ah Ash-shofwah Al-Malikiyyah di Surabaya (2003-2017 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Khakimah_A02212090.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah hay’ah ash-Shofwah al Malikiyyah di surabaya tahun 2003-2017 Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana sejarah berdirinya hai’ah ash-shofwah ?(2). Bagaimana perkembangan hai’ah ash shofwah tahun 2003 M-2017 M? (3). Apa faktor pendukung dan penghambat Hai’ah ash-shofwah ? Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis perspektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis yang berdimensi waktu). Sedangkan teori yang diambil memakai dalam hal ini penulis menggunakan teori kepemimpinan G. L. Feman dan E. K. Taylor (1950), kepemimpinan adalah kemampuan untuk menciptakan kegiatan kelompok mencapai tujuan organisasi dengan efektivitas dan kerjasama dari setiap individu dengan maksimal. Hal ini dapat dilihat dari semakin berkembangnya Hai’ah As-Shofwah Al malikiyyah karena mempunyai seorang pemimpin yang mampu membimbing para pengurus dari kelompoknya, dan mampu menciptakan kegiatan kelompok untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan efektivitasnya serta kerjasama antar pengurus secara maksimal.Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) hai’ah ash shofwah berdiri pada tahun 2003 M secara resmi bertepatan pada 1424 H membentuk para alumni atau anggota yang berakhidah kuat, berakhlakul karimah dan berkualitas. 2). Hai’ah ash shofwah mengalami perkembangan dari jumlah anggota yang pada periode pertama sekitar 50 anggota sampai sekarang mencapai angka 700. Kegiatan hai’ah ash shofwah seiring berjalannya waktu semakin inovatif dan kreatif baik dari kegiatan sosial keagamaan maupun kegiatan dakwah selanjutnya sarana dan prasarana juga mengalami perkembangan seperti kantor kesekretariatan dan pondok pesantren. 3). Faktor pendukung dan penghambat hai’ah ash-shofwah terbagi dalam dua faktor,yakni faktor internal yang berasal dari dalam hai’ah ash shofwah dan faktor eksternal yang berasal dari luar hai’ah ash shofwah . Faktor pendukung hai’ah ash shofwah yaitu adanya sistem yang baik, sarana maupun prasarana cukup memadai, dukungan dari para Alumni dan anggota. Sedangkan faktor penghambat hai’ah ash shofwah yaitu minimnya waktu kegiatan, kurangnya kinerja anggota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khakimah, Nurulkhakimahnurul94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Organisasi Masyarakat
Sejarah
Keywords: Sejarah organisasi; Hay'ah Ash-shofwah Al-Malikiyyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: khakimah Nurul
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:58
Last Modified: 22 Feb 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30677

Actions (login required)

View Item View Item