تطوير الوسائل التعليمية ببرنامج لكتورا لتعليم اللغة العربية: البحث والتطوير لدى طلاب الفصل الثامن مدرسة المتوسطة جبل نور بسيدوأرجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihatin, Laily (2019) تطوير الوسائل التعليمية ببرنامج لكتورا لتعليم اللغة العربية: البحث والتطوير لدى طلاب الفصل الثامن مدرسة المتوسطة جبل نور بسيدوأرجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laily Sholihatin_F02616136.pdf

Download (15MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah alat yang membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna yang disampaikan. Adapun di Madrasah Tsanawiyah Jabal Noer media pembelajaran masih jarang digunakan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa. Sehingga mengakibatkan siswa merasa cepat bosan dalam belajar Bahasa Arab. Untuk itu,yang dibutuhkan adalah mengembangkan media pembelajaran program Lectora. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) yaitu metode yang dapat menghasilkan produk tertentu dan diuji kefektifannya. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan angka, rumus dan analisis statistik. Hasil penelitian ini adalah bahwa validasi pengembangan media pembelajaran pada ahli media memperoleh skor 84% predikat “sangat baik” sedangkan oleh ahli materi 78% predikat “baik”. Dari hasil validasi, media pembelajaran layak digunakan. Adapun tingkat kefektifan pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab program Lectora, pada uji normalitas berdasarkan Kolmogrov-smirnov pretest 0,173 dan posttest 0,25 keduanya > 0,005 maka uji normalitas valid. Kemudian hasil signifikan uji T 0,00 , artinya pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab program Lectora efektif, sebab <0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihatin, Lailylailysholihatin@gmail.comF02616136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, JunaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Media Pembelajaran; Lectora
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sholihatin Laily
Date Deposited: 27 Feb 2019 01:48
Last Modified: 29 Nov 2019 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30703

Actions (login required)

View Item View Item