IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM PEMBENTUKAN MORAL SANTRI : STUDI KOMPARASI ANTARA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MAS DUNGDURO KREMBANGAN TAMAN SIDOARJO DAN MA ISLAMIYAH SUNNATUNNUR TUBAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Anang (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM PEMBENTUKAN MORAL SANTRI : STUDI KOMPARASI ANTARA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MAS DUNGDURO KREMBANGAN TAMAN SIDOARJO DAN MA ISLAMIYAH SUNNATUNNUR TUBAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Problematika korupsi yang sudah mengakar, membudaya serta sudah menjadi cara pikir, dan mental. Penanganan problematika korupsi harus dilakukan dengan cara yang lebih komprehensif dan pencegahan (preventif) sejak dini, karena salah satu sebab terjadinya korupsi adalah sudah mengakarnya mental korupsi di kalangan masyarakata Indonesia. Dan salah satu cara Untuk melakukan pencegahan mental korupsi sejak dini adalah lewat jalur pendidikan.
Ada beberapa penelitian tentang pendidikan anti korupsi yang penulis ketahui, akan tetapi pada penelitian yang sudah dilakukan hanya meneliti sistem pendidikan anti korupsi pada sekolah-sekolah umum (SMP dan SMA). Namun belum ditemukan penelitian tentang pendidikan anti korupsi di Madrasah ( madrasah Ibtidaiyah hingga Aliyah). Terlebih penelitian-penelitian sebelumnya hanya meneliti tentang strategi pihak sekolah dalam menerapkan pendidikan anti korupsi. Oleh sebab itu penulis tartarik untuk melakukan penelitian pendidikan antikorupsi di Madrasah. Untuk itu penulis mengurainya dalam rumusan: 1. Bagaimana implementasi pendidikan anti korupsi dalam pembentukan moral santri di Madrasah Aliyah MAS Dungduro Krembangan Taman Sidoarjo dan MA Islamiyah Sunnatunnur Tuban ? 2. Adakah perbedaan dalam implementasi anti korupsi dalam pembentukan moral santri di Madrasah Aliyah MAS Dungduro Krembangan Taman Sidoarjo dan MA Islamiyah Sunnatunnur Tuban?
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metodologi penelitian: 1. pendekatan dan jenis penelitian: pendekatan kualitatif, fenomenologis dan berbentuk diskriptif, 2. Sumber data: a. Sumber Data Primer merupakan data yang dikumpulkan, diolah dan disajikan oleh peneliti dari sumber utama, b. Sumber data sekunder merupakan sumber data pelengkap yang berfungsi melengkapi data yang di perlukan oleh data primer, 3. Tehnik Pengumpulan Data: a. Observasi, b. Interview, c. Dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini Implementasi pendidikan anti korupsi di Madrasah Aliyah MAS Dungduro Krembangan Taman Sidoarjo dilaksanakan melalui Pengamalan nilai-nilai Islami (akhlak al karimah) dan pemberian contoh yang baik. Sedangkan implementasi pendidikan anti korupsi di MA Islamiyah Sunnatunnur Tuban dilakukan dengan cara mengimplementasikannya ke dalam kurikulum berkarakter, mading tematik, dan kegiatan Baksos rutin

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Amir Maliki Abitolkhah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, AnangUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Anti Korupsi; Pendidikan Moral; Santri;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2016 03:39
Last Modified: 06 Jan 2016 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item View Item