Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi tayamum dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas III MI Sunan Ampel Bangeran Dawarblandong

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnami, Silvi Hidayati (2019) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi tayamum dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas III MI Sunan Ampel Bangeran Dawarblandong. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvi Hidayati Purnami_D07215040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang masalah penelitian ini berasal dari hasil belajar mata pelajaran fiqih materi tayammum yang dilaksanakan di MI Sunan Ampel Bangeran Dawarblandong pada kelas III nilai rata-rata nya dibawah KKM khususnya pada materi tayammum. Hal ini dikarenakan pembelajaran di kelas selama ini hanya menggunakan metode ceramah dan kurangnya penggunaan media yang menarik dalam menunjang proses pembelajaran tata cara bertayammum. Sedangkan mata pelajaran Fiqih kelas III terdapat materi tentang tayammum. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini tentang : 1) Penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi tayammum siswa kelas III di MI Sunan Ampel Bangeran Dawarblandong. 2) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi tayammum setelah diterapkan media audio visual siswa kelas III di MI Sunan Ampel Bangeran Dawarblandong. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara, observasi, penilaian performance (unjuk kerja) dan dokumentasi. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II (1) penerapan penggunaan media audio visualberjalan dengan baik melalui perbaikan pada refleksi di setiap siklus. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil peningkatan aktifitas guru dan aktifitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktifitas guru memperoleh 77,27 dengan kriteria kurang, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 98,86 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktifitas siswa pada siklus I memperoleh 72,72 dengan kriteria kurang, dan siklus II meningkat menjadi 96,59 dengan kriteria sangat baik. (2) peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi tayammum mendapat nilai rata-rata hasil performance (unjuk kerja) pada siklus I mendapat 79,77 dengan kriteria kurang dan pada siklus II meningkat menjadi 91,83 dengan kriteria baik. Sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mendapat 66,66% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menajdi 83,33% dengan kriteria baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnami, Silvi Hidayatisilvihidayati97@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Fiqih Tayammum; Media Audio Visual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Purnami Silvi Hidayati
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:06
Last Modified: 12 Apr 2019 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31093

Actions (login required)

View Item View Item