Penerapan activity based costing dalam menentukan tarif jasa inap pada GreenSA Inn & Training Center

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningtyas, Indri (2019) Penerapan activity based costing dalam menentukan tarif jasa inap pada GreenSA Inn & Training Center. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
INDRI WAHYUNINGTYAS_G72215031.pdf

Download (14MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penerapan Activity Based Costing dalam Menentukan Tarif Jasa Inap Pada GreenSA Inn & Training Center” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana penentuan tarif jasa inap pada GreenSA Inn & Training Center dan bagaimana penerapan activity based costing dalam menentukan tarif jasa inap pada GreenSA Inn & Training Center. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara atau keterangan dari manajer dan karyawan GreenSA Inn, staf akuntansi Pusat Pengembangan Bisnis, bagian keuangan dan bagian umum UIN Sunan Ampel Surabaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menentukan tarif jasa inap, GreenSA Inn & Training Center berpedoman pada SK Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Nomor : Un.08/1/KS.01.1/SK/97.D/P/2015 Tentang Daftar Tarif Layanan Badan Layanan Umum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dengan perhitungan yang dilakukan oleh tim penyusun tarif unit usaha Pusat Pengembangan Bisnis. Perhitungan dengan activity based costing menunjukkan hasil yaitu harga pokok kamar sebesar Rp 570.847. Harga yang tinggi terjadi pada perhitungan activity based costing sebesar Rp 220.847 dikarenakan dalam pembebanan biaya tidak adanya batas yang memisahkan antara GreenSA Inn dan Training Center, sedangkan activity based costing didasarkan pada alokasi biaya pada GreenSA Inn saja sehingga biaya sulit untuk diidentifikasi. Dalam pembebanan biaya, GreenSA Inn & Training Center dapat melakukan pemisahan pencatatan antara bagian hotel dan pusat pelatihan sehingga biaya dapat ditelusuri secara rinci untuk dijadikan pertimbangan dalam menentukan tarif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningtyas, Indriindriwahyuningtyas10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Harga Pokok
Manajemen
Keywords: Activity based costing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Wahyuningtyas Indri
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:42
Last Modified: 12 Apr 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31180

Actions (login required)

View Item View Item