Pengembangan instrumen penilaian autentik pada kurikulum 2013 di sekolah dasar islam al Fatah Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Syaiful (2018) Pengembangan instrumen penilaian autentik pada kurikulum 2013 di sekolah dasar islam al Fatah Driyorejo Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaiful Rohman_F02A15081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penilaian merupakan salah satu aspek yang hakiki dari pada usaha itu sendiri. Suatu usaha belajar yang dilakukan oleh seseorang baru akan diketahui hasilnya melalui proses penilaian. Jadi, pendidikan dan penilaian merupakan suatu proses yang sistematis, apalagi di dalam penyelenggaraan pendidikan pasti ada tujuan yang ingin dicapai, apakah tujuan itu tercapai atau tidak hanya dengan melakukan proses penilaian. Penilaian autentik dikembangkan dan diterapkan karena penilaian yang selama ini diterapkan kurang menggambarkan kompetensi siswa secara holistik.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pengembangan instrumen penilaian autentik pada kurikulum 2013?, 2) Bagaimana validitas instrumen penilaian autentik aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik pada kurikulum 2013?, 3) Bagaimana reliabilitas instrumen penilaian autentik aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik pada kurikulum 2013?, 4) Bagaimana karakteristik instrumen penilaian autentik aspek kognitif yang menyangkut daya pembeda, tingkat kesukaran, daya homogenitas soal, dan analisis pengecoh.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan mengembangkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi, catatan lapangan, validasi ahli, metode tes (kognitif), dan metode non tes (afektif dan psikomotorik). langkah-langkah pengembangan ini Thiagarajan yang meliputi: 1) Define, 2) Design, 3) Development, 4) Dissemination, dan disingkat dengan 4D, kemudian dimodifikasi hanya 3D, meliputi 1) Define, 2) Design, 3) Development. Uji coba dilakukan di SDI Al fatah kelas V.Dalam penelitian ini diperoleh data dan dianalisis sebagai berkut: Uji vaiditas konstruk/isi instrumen penilaian autentik yang manyangkut aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik dinyatakan valid oleh ahli validator dengan predikat B, dengan catatan masih banyak revisi. Untuk uji validitas empirik 12 butir soal pilihan ganda, item soal 2,3,4,7,11,12 valid, dan 1,5,6,8,9 tidak valid. Utuk urian, item 7 item. Nomor 1,2,5,6 valid dan 3,4 tidak valid . Reliabilitas pilihan ganda nilai r_( hitung)= 1,01 dan r_( Tabel ) = 0,632. Untuk uraian r_( hitung) = 1,2499 dan r_( Tabel ) = 0,632.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Syaifulkangman_ok@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pengembangan Instrumen Penilaian; Autentik
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rohman Syaiful
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:45
Last Modified: 22 Apr 2019 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31378

Actions (login required)

View Item View Item