القيم الاجتماعية في قصة أبي بكر في كتاب "خلفاء الرسول" لخالد محمد خالد (دراسة سوسيولوجيا الأدب) بحث تكملي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Nur (2019) القيم الاجتماعية في قصة أبي بكر في كتاب "خلفاء الرسول" لخالد محمد خالد (دراسة سوسيولوجيا الأدب) بحث تكملي. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Azizah_A91215123.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas nilai-nilai sosial dalam kisah Abu Bakar dalam kitab Khulafaur Rosul karya Khalid Muhammad Khalid. Buku Khulafaur Rosul ini menceritakan kisah kehidupan Khulafau Rosyidin dan Umar bin Abdul Aziz. Buku ini menceritakan dengan gaya bahasa yang indah dan mudah dipahami, selain itu kisahnya dikemas secara singkat namun enak dibaca. Peneliti membatasi pad kisah Abu Bakar saja. Abu Bakar merupakan sosok pemimpin pengganti Rosulullah setelah beliau wafat. Abu Bakar seseorang yang lembut, penyabar, bijaksana, dan tegar. Begitu banyak ujian yang beliau alami selama kepemimpinannya. Namun beliau tetap sabar menghadapi semuanya. Banyak sifat-sifat dan tingkah laku beliau yang patut diteladani oleh kita semua. Oleh karena itu peneliti menganalisis nilai-nilai sosial dari Abu Bakar. Skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan data yang berupa kalimat-kalimat yang mengandung nilai sosial. Melalui pendekatan sosiologi sastra, peneliti mengungkapkan nilai-nilai sosial yang terkandung dalam kisah Abu bakar Ash-Shiddiq dalam kitab Khulafaur Rosul karya Khalid Muhammad Khalid. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana bentuk nilai-nilai sosial dalam kisah Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam kitab Khulafaur Rosul karya Khalid Muhammad Khalid? 2. Bagaimana jenis nilai-nilai sosial dalam kisah Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam kitab Khulafaur Rosul karya Khalid Muhammad Khalid? Dari penelitian ini peneliti menemukan bentuk-bentuk nilai sosial yang berupa nilai sosial pengabdian, kesetiaan, demokrasi, dan tanggung jawab. Peneliti juga menemukan jenis-jenis nilai yang berupa nilai vital sejumlah 7 data, nilai krbrnaran 6 data, nilai agama 8 data dan nilai moral sejumlah 4 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Nurazizah_zee16@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Sastra
Keywords: Nilai Sosial; Abu Bakar; Kitab Khulafaur Rosul
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Azizah Nur
Date Deposited: 22 Apr 2019 01:35
Last Modified: 22 Apr 2019 01:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31630

Actions (login required)

View Item View Item