Analisis semiotik pesan dakwah dalam film Assalamualaikum Calon Imam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Lailatum (2019) Analisis semiotik pesan dakwah dalam film Assalamualaikum Calon Imam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatum Maghfiroh_B01215024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdakwah tidak hanya melulu dilakukan di dalam masjid, mushola, ataupun dalam pengajian. Tetapi untuk saat ini, film juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media untuk berdakwah. Film adalah sebuah karya seni yang dihasilkan oleh kerja tim. Film memerlukan skenario, para pemain, sutradara serta orang lain yang turut andil dalam proses produksi film dari mulai cameraman, editor, lighting, art director, music aransemen hingga script writer. Sejarah mencatat, media dakwah melalui seni dan budaya lebih berkesan dalam hal yang berkaitan dengan penerapan ajaran Islam. Hal ini dapat menjadi peluang yang baik bagi pelaku dakwah ketika efek dari film tersebut bisa diisi dengan konten-konten keislaman. Film bergenre drama ini mampu mengkolaborasikan antara pesan dakwah lainnya dengan tuntunan atau cara dalam menjalani kehidupan yang lebih baik lagi berdasarkan tuntunan agama. Bahkan pesan dakwah yang disajikan dalam film ini juga dikemas dengan baik, sehingga tidak terlihat atau terkesan seperti menggurui ketika proses penyampaian pesan dakwah. Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah apa pesan dakwah yang terkandung dalam film Assalamualaikum Calon Imam berdasarkan makna aqidah, syariah dan akhlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pesan dakwah yang terkandung dalam film Assalamualaikum Calon Imam. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yakni berupa dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah yang telah dipaparkan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis analisis teks media dengan menggunakan model analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Hasilnya, peneliti menemukan beberapa pesan dakwah berdasarkan makna aqidah, syariah dan akhlak dalam film Assalamualaikum Calon Imam, diantaranya: (1) berdo’a untuk mencintai Allah SWT dan tidak menyekutukan-Nya, (2) menjawab salam, (3) peduli terhadap orang lain, (4) berbuat baik kepada orang tua dan bersyukur, (5) adanya wali nikah bagi wanita. Saran untuk peneliti selanjutnya, diharapkan agar bisa mengembangkan penelitian ini dari sisi lain, misalnya: mencari pengaruh dalam film dan pesan agama yang terkandung, dengan menggunakan analisis yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Lailatumlailatummaghfiroh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film
Keywords: Pesan Dakwah; Film; Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maghfiroh Lailatum
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:34
Last Modified: 29 Apr 2019 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31767

Actions (login required)

View Item View Item