Penciptaan alam semesta menurut Harun Yahya: studi kritis perspektif Kosmologi Modern, Kosmologi Islam, dan Teologi Natural

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Gigih (2019) Penciptaan alam semesta menurut Harun Yahya: studi kritis perspektif Kosmologi Modern, Kosmologi Islam, dan Teologi Natural. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gigih Saputra_F02917258.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kajian ini berdasarkan Pro kontra terhadap pemikiran teologi Natural Harun Yahya. Ia dianggap pahlawan, namun juga dianggap menyuarakan psueodosains. Rumusan masalah yang penulis susun yaitu deskripsi pemikiran Harun Yahya, studi kritis baik dekonstruksi dan rekonstruksi, dan penyikapan yang tepat. Penulis menggunakan pendekatan method of the thought berdasarkan teori Dentuman Besar, kosmologi Al-Kindi, argumentasi Kalam Kreeft, lima variasi Islamisasi sains beserta solusi integrasi keilmuwan. Metode penelitian yang digunakan adalah holistika dan Induksi. Temuan penulis berupa Islamisasi sains menopang teologi naturalnya yang mengandalkan teori Dentuman Besar berujung pada argumen teleologi dan penciptaan alam dari ketiadaan. beberapa temuan yaitu sinkronisasi yang cenderung memaksakan argumen, pemahaman teori yang keliru, dan kedangkalan analisis filosfis. Sisi positifnya dapat menstimulus beragama berdasar ilmu dengan mudah difahami dan menyentuh perasaan. Dua penyikapan yang penulis susun untuk merespon pemikiran Harun Yahya adalah objektif dan selektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Gigihsaputragigih369@gmail.comF02917258
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, SyamsulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Metafisika
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Harun Yahya; Islamisasi sains; Big Bang; teologi Natural
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Saputra Gigih
Date Deposited: 06 Aug 2019 01:47
Last Modified: 06 Aug 2019 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32646

Actions (login required)

View Item View Item