This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ilmiyah, Faiqotul (2014) KEMATANGAN EMOSI PADA ANAK GIFTED. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (249kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
kematangan emosi merupakan kemampuan individu untuk dapat bersikap toleran, merasa nyaman, mempunyai kontrol diri sendiri, perasaan mau menerima dirinya dan orang lain, selain itu mampu menyatakan emosinya secara konstruktif dan kreatif. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kematangan emosi adalah kemampuan individu dalam menyesuaikan diri dengan situasi lingkungan dan situasi perasaan-perasaan diri sendiri serta mampu mengontrol emosi dan mengendalikan emosinya ketika berada disituasi sosial tertentu sehingga dapat diterima oleh lingkungan masyarakat.
Renzuli berpendapat bahwa anak berbakat (gifted) merupakan satu interaksi diantara tiga sifat dasar manusia yang menyatu, ikatan terdiri dari kemampuan umum dengan tingkatya diatas rata-rata, komitmen yang tinggi terhadap tugasdan kreativitas yang tinggi. Anak berbakat ialah anak yang memiliki kecakapan dalam mengembangkan gabungan ketiga sifat ini dan mengaplikasikan dalam setiap tindakan yang bernilai.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan atau mengambarkan kematangan emosi pada anak gifted. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif eksplorasi. Variable penelitian ini adalah kematangan emosi pada anak gifted. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Peneliti mengambil tiga subjek yang memiliki IQ diatas 130 dari salah satu sekolah di daerah Mojokerto yaitu SMAN 1 Puri.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing subjek memiliki kematangan emosi yang berbed-beda, dan terkadang masih belum stabil. Akan tetapi, mereka juga sering menunjukkan sikap yang positif ketika di dalam kelas maupun ketika di rumah. Misalnya, menunjukkan rasa tanggungjawab dan bisa bekerjasama dengan tman-teman lainnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Abdul Muhid | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Psikologi | ||||||
Keywords: | Kematangan Emosi, Gifted | ||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2015 06:41 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2015 06:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/329 |
Actions (login required)
View Item |