Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Materi Afrad Al-Usrah Melalui Strategi Picture And Picture Siswa Kelas IV MI Nurul Ikhlas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wafiyah, Roihah (2019) Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Materi Afrad Al-Usrah Melalui Strategi Picture And Picture Siswa Kelas IV MI Nurul Ikhlas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roihah Wafiyah_D97215108.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab MI. Siswa banyak mengeluh mengenai pelajaran bahasa arab yang cukup sulit karena kurangnya kosakata (mufrodat) yang diketahui. Dalam pengajaran guru tidak banyak menggunakan metode dan media, lebih seringnya menggunakan ceramah, akhirnya siswa tidak terlihat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui penerapan strategi picture and picture untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab materi Afrad Al-Usrah pada kelas IV MI Nurul Ikhlas Waru Sidoarjo. 2) mengetahui peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab materi Afrad Al-Usrah setelah menggunakan strategi picture and picture pada kelas IV MI Nurul Ikhlas Waru Sidoarjo. Metode penelitian ini merupakan PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi picture and picture berjalan dengan katagori baik. Terbukti dari peningkatan hasil aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I, aktivitas guru memperoleh 89 %(kurang), kemudian meningkat menjadi 94% (baik) pada siklus II. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 81% (kurang) dan meningkat menjadi 92 %(baik) pada siklus II. 2) Keterampilan berbicara siswa pada penelitian ini juga mengalami peningkatan dengan katagori baik. Peningkatan tersebut dibuktikan dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus sebesar 36% (kurang), meningkat menjadi 52,38% (kurang) pada siklus I dan meningkat menjadi 76,20% (baik) pada siklus II. Rata-rata siswa pada siklus I sebesar 72,33 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 77 (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wafiyah, Roihahroihahwafia@gmail.comD97215108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIED197302022007011040
Thesis advisorNofiandri, Al-QudusUNSPECIFIED197311162007101001
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Keterampilan Berbicara, Strategi Picture and Picture,Materi Afrad al-Usrah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wafiyah Roihah
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:45
Last Modified: 15 Aug 2019 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33389

Actions (login required)

View Item View Item