Pengaruh keikutsertaan dalam majlis taklim dan sholawat Ahbaabul Musthofa Lamongan terhadap prestasi belajar PAI Siswa SMAN 1 Kembangbahu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanuddin, Hasanuddin (2019) Pengaruh keikutsertaan dalam majlis taklim dan sholawat Ahbaabul Musthofa Lamongan terhadap prestasi belajar PAI Siswa SMAN 1 Kembangbahu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasanuddin_D91215054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana eksistensi Majlis Taklim dan Sholawat Ahbaabul Musthofa Lamongan. Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMAN 1 Kembangbahu. Bagaimana pengaruh keikutsertaan Majlis Taklim dan Sholawat Ahbaabul Musthofa Lamongan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMAN 1 Kembangbahu. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di SMAN 1 Kembangbahu yang mengikuti Majlis Taklim dan Sholawat Ahbaabul Musthofa Lamongan. Dalam pengumpulan data, penulis melakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1.Kegiatan rutin pembacaan maulid dan taklim di Majlis Taklim dan Shalawat Ahbaabul Musthofa Lamongan yang dilaksanakan pada hari Selasa malam rabu adalah sangat baik, hal ini diketahui dari hasil penelitian yang menunjukkan hasil 83,75. dengan demikian Majlis Taklim dan Sholawat Ahbaabul Musthofa Lamongana adalah sangat baik. 2.Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMAN 1 Kembangbahu dicapai dengan nilai rata-rata 87, dengan demikian nilai rata- rata prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kembangbahu adalah sangat baik. 3.Pengaruh keikutsertaan Majlis Taklim dan Shalawat dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMAN 1 Kembangbahu adalah positif dan signifikan. Hal ini ditunjukan oleh hasil analisis menunjukkan 0,761 bila diprosentasekan adalah 59,1% yang tergolong hubungan cukup kuat. Hasil perhitungan R Square diketahui bahwa keikutsertaan dalam Majlis Taklim dan Shalawat Ahbaabul Musthofa Lamongan mempengaruhi prestasi belajar PAI siswa sebanyak 59,1% sedangkan sisanya 40,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanuddin, Hasanuddinhanoubrungky@gmail.comD91215054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorHasanuddin, Hasanuddinhanoubrungky@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Golongan Sosial
Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasanuddin Hasanuddin
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:31
Last Modified: 09 Aug 2019 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33876

Actions (login required)

View Item View Item