مهنية مدرس اللغة العربية (دراسة حالة على كفائة مهنية في مدرسة نور الهدى المتوسطة الإسلامية سيداتي سيدوهارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Billah, Al 'Arif (2019) مهنية مدرس اللغة العربية (دراسة حالة على كفائة مهنية في مدرسة نور الهدى المتوسطة الإسلامية سيداتي سيدوهارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Al' Arif Billah_D72214022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru yang baik adalah guru yang profesional. Yakni guru yang telah memenuhi syarat-syarat guru profesional serta menguasai empat standar kompetensi guru, antara lain : kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Salah satu diantara empat kompetensi tersebut adalah kompetensi profesional yang dipilih oleh penulis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang kompetensi profesional guru bahasa arab di MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo, masalah-masalah yang dihadapi guru serta berbagai solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif analitis, yaitu cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena yang diamati atau data yang didapatkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tri angulasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru bahasa arab di MTs. Nurul Huda cukup baik karena telah memenuhi beberapa indikator. Masalah yang terjadi adalah minim penggunaan IT, strategi belajar dan basic siswa. Sedangkan solusinya yakni penanaman tanggung jawab sebagai guru, pelatihan, kerjasama dengan guru BTQ serta mengikutkan guru bahasa Arab di berbagai seminar maupun workshop di luar sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Billah, Al 'Arifarifkeyzon@gmail.comD72214022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudhofir, AliUNSPECIFIED196311161989031003
Thesis advisorThohir, MuhammadUNSPECIFIED197407251998031001
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Profesionalisme Guru Bahasa Arab , Kompetensi Profesional , MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Billah Al' Arif
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:13
Last Modified: 15 Aug 2019 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34472

Actions (login required)

View Item View Item