Strategi Nusantara Ojek (NUJEK) dalam bisnis berbasis Financial Technology

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarok, Abdul Hakim (2019) Strategi Nusantara Ojek (NUJEK) dalam bisnis berbasis Financial Technology. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Hakim Mubarok_G74215120.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam menjawab rumusan masalah diatas, dilakukan pengumpulan data melalui wawancara secara langsung dengan pimpinan, staff, dan driver Nusantara Ojek, dokumentasi terkait data di lapangan tentang strategi bisnis pada Nusantara Ojek yang menggunakan metode kualitatiif dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi yang diterapkan Nusantara Ojek (NUJEK) dalam binis berbasis financial technology adalah dengan menerapkan strategi kerjasama dengan LinkAja untuk melakukan metode pembayaran secara non tunai, peran Operator Lokal juga sangat membantu manajemen pusat dalam mengelola bisnis dalam wilayah tertentu, selain itu, strategi pemasaran dengan melakukan promosi melalui berbagai media sosial dan melalui brosur serta roll banner. Strategi harga pada Nusantara Ojek dinilai lebih terjangkau dibanding dengan kompetitor yang lain. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bawa srategi yang digunakan oleh Nusantara Ojek yakni menggunakan strategi kombinasi secara bersama-sama, yang meliputi strategi integrasi vertikal, strategi intensif, serta strategi diversifikasi meliputi strategi diversifikasi terkat/konsentrik. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka peneliti memberikan saran bagi Nusantara Ojek, hendaknya Nusantara Ojek lebih memfokuskan pada srategi intensif, dengan menerapkan strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar dan strategi pengembangan produk. Hal ini perlu perhatian yang lebih jika ingin dalam pengembangan bisnis berbasis financial technology.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarok, Abdul Hakimhakimabdul10886@gmail.comG74215120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah. AliUNSPECIFIED196212141993031002
Subjects: Bisnis
Teknologi
Nahdlatul Ulama
Keywords: Strategi Bisnis; Nusantara Ojek; Financial Technology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mubarok Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:58
Last Modified: 15 Aug 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34700

Actions (login required)

View Item View Item