Pesan dakwah pada lagu: analisis wacana pesan dakwah pada lirik lagu Damai Bersama-Mu oleh Chrisye

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Albana, Ahmad Azman (2019) Pesan dakwah pada lagu: analisis wacana pesan dakwah pada lirik lagu Damai Bersama-Mu oleh Chrisye. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Azman Albana_B91215079.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pesan dakwah yang terdapat dalam lirik lagu Damai Bersama-Mu, dengan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pesan dakwah yang terdapat pada lirik lagu tersebut. Untuk mengidentifikasi permasalahan, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif non kancah dengan pendekatan analisis wacana moden Teun A. Van Dijk. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut penulis menggunakan empat elemen Van Dijk, yaitu struktur tematik melalui tema, struktur skematik melalui alur cerita, struktur semantik melalui bahasa dan maksud, dan struktur sintaksis melalui bentuk kalimat dan kata ganti dalam lagu tersebut. Dari hasil penelitian, ditemukan pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu Damai Bersama-Mu ini yakni pesan akidah, bertawakal kepada Allah SWT. Agar dapat menikmati kenikmatan. Meyakini keberadaan Allah SWT. Agar mempunyai kekuatan iman yang kokoh. Meskipun kehidupan didunia tidak akan pernah luput dari musibah atau cobaan, entah terlibat atau melihat, seseorang akan sering dibuat resah apa yang dirasa dan apa yang nampak didepan mata. Meskipun dalam keadaan resah seseorang tetap berdiri dalam kesusahan. Dan Karena hanya kepada-Nya yang dapat menunjukkan dimana kenikmatan atau kedamaian yang dicari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Albana, Ahmad Azmanalbaahmad515@gmail.comB91215079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Dakwah > Dakwah - Materi
Komunikasi
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Lirik Lagu; Damai Bersama-Mu; Analisis Wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Albana Ahmad Azman
Date Deposited: 13 Aug 2019 08:27
Last Modified: 16 Sep 2020 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34885

Actions (login required)

View Item View Item