Keragaman genetik pisang (Musa spp.) berdasarkan karakter Fenotip dan Molekular menggunakan penanda Random Amplified Polymorphic DNA (RAPD) di Kabupaten Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningsih, Arika (2019) Keragaman genetik pisang (Musa spp.) berdasarkan karakter Fenotip dan Molekular menggunakan penanda Random Amplified Polymorphic DNA (RAPD) di Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arika Wahyuningsih_H91214028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang dapat ditemukan di daerah tropis. Indonesia sebagai salah satu dari 10 negara dengan tingkat produksi tertinggi di dunia, produksi tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan tingkat produksi tertinggi berada di Jawa Timur termasuk Kabupaten Lumajang. Namun penelitian baik fenotip maupun genetik molekular terhadap kultivar-kultivar pisang yang berada di daerah khususnya Kabupaten Lumajang belum banyak dilakukan. Penelitian fenotipik dan molekular berguna dalam hal konservasi diversitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kekerabatan kultivar pisang di Kabupaten Lumajang berdasarkan karakter fenotip dan molekular. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu metode observasi lapangan dengan mengamati karakter fenotip dengan analisis menggunakan software SPSS sementara data molekular menggunakan analisis Random Amplified Polymorphic DNA (RAPD) dengan software NTSys. Sampel penelitian sebanyak 27 kultivar diambil dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Pasrujambe, Senduro dan Candipuro. Reaksi PCR yang digunakan adalah 94⁰C: 5 m; 94⁰C: 1 m; 41⁰ & 46⁰C: 1 m; 72⁰C: 2 m; 72⁰C: 7 m; 4⁰C: ∞. Hasil penelitian menunjukkan 5 kelompok kultivar pisang terbentuk dengan nilai jarak 15 berdasarkan analisis karakter fenotip kuantitatif. Analisis molekular menggunakan RAPD menghasilkan 5 kelompok pada koefisien 0.68. Simpulan pada penelitian ini memberikan informasi bahwa karakter fenotip dan molekular memiliki perbedaan dalam pengelompokkan kultivar-kultivar pisang. Analisis keduanya menunjukkan bahwa Kabupaten Lumajang memiliki berbagai kultivar yang memiliki keragaman pisang tinggi baik fenotip maupun molekular.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningsih, Arikaarikatimi96@gmail.comH91214028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRachmawati, Yuanitayuanitarhartono@gmail.com198808192019032009
Thesis advisorHadi, Moch. Irfanm_i_h@uinsby.ac.id198604242014031003
Subjects: Biologi
Morfologi
Pertanian
Keywords: Pisang; Random Amplified Polymorphic DNA; RAPD
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Wahyuningsih Arika
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:33
Last Modified: 14 Aug 2019 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35022

Actions (login required)

View Item View Item