Analisis Morfologi Famili Limulidae di Perairan Pantai Utara Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Millah, M. Zainul (2019) Analisis Morfologi Famili Limulidae di Perairan Pantai Utara Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Zainul Millah_H01214002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Famili Limulidae merupakan Trilobitomorpha yang berevolusi menjadi Chelicerata, suatu Artrophoda primitif yang masih hidup sampai saat ini. Ditemukan 4 spesies Famili Limulidae di dunia, 3 spesies diantaranya ditemukan di Asia termasuk di Indonesia salah satunya di pantai Utara Jawa Timur. Untuk mengetahui morfometri dan distribusi spesies dari Famili Limulidae, Penelitian dimulai bulan Oktober 2018 – Desember 2019. Sampel diambil di 5 lokasi dengan menggunakan metode nonprobability sampling teknik insidental. Alat dan bahan yang digunakan yaitu alkohol 70%, formalin 10%, mistar, jangka sorong digital dan wadah. Sampel yang diperoleh dilakukan pengamatan perbedaan jantan dan betina, pengamatan karakteristik antar spesies Famili Limulidae berdasarkan karakter morfometri dan fenotip. Hasil pengamatan didapatkan 28 karakter morfometri dan 14 karakter fenotip. Berdasarkan hasil karakterisasi tersebut didapatkan 3 spesies dari Famili Limulidae di pantai Utara Jawa Timur. Trilobitomorpha gigas dan T. tridentatus ditemukan di 5 lokasi sampling yaitu pantai wilayah Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya dan Bangkalan. Ditemukan abnormalitas telson T. gigas di Surabaya. Carcinoscopius rotundicauda hanya ditemukan di pantai wilayah Gresik, Surabaya dan Bangkalan.

Kata Kunci: Famili Limulidae, Trilobitomorpha, Tacypleus gigas, Tacypleus tridentatus dan Carcinoscopius rotundicauda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Millah, M. Zainulzainulmillah6@gmail.comH01214002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDBahri, SaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDTyastirin, EstiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Morfologi
Keywords: Famili Limulidae, Trilobitomorpha, Tacypleus gigas
Depositing User: Millah Moch Zainul
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:00
Last Modified: 16 Aug 2019 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35280

Actions (login required)

View Item View Item