تطوير كتاب تعليم اللغة العربية للمستوى الأول المتوسط بمدرسة "معارف سيدموكتي" المتوسطة الإسلامية كبوماس قرسيك: دراسة تقويمية وتطويرية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farodisa, Ainul (2019) تطوير كتاب تعليم اللغة العربية للمستوى الأول المتوسط بمدرسة "معارف سيدموكتي" المتوسطة الإسلامية كبوماس قرسيك: دراسة تقويمية وتطويرية. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Farodisa_F12615256.pdf

Download (2MB)

Abstract

Buku adalah sesuatu yang penting dalam proses pembelajaran, maka seharusnya bagi setiap guru dan murid wajib memilikinya untuk memudahkan proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku ajar yang digunakan siswa kelas I Mts Ma’arif Sidomukti sesuai dengan dasar-dasar penulisan kitab dan aspek-aspeknya, untuk mengevaluasi dan mengembangkan kitab Bahasa Arab kelas I di Mts Ma’arif Sidomukti. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) yaitu metode yang digunakan untuk menghasilkan produk nyata, dan penulis merealisasikan dalam bentuk Buku ajar Bahasa Arab. Penulis memperoleh hasil analisis data dari skala modifikasi yaitu 3,84 dan hasil t-test yaitu 12,8 kemudian dibandingkan dengan hasil pada jadual dengan derajat 1% dan 5%. Maka ditemukan pada 1% = 2,75 >< 19,8 > 2,04 karena hasil to lebih besar dari t-tabel maka (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Kesimpulan akhir bahwa Buku ajar digunakan siswa kelas I Mts sesuai dengan dasar penulisan kitab dan segala aspeknya. Dan setelah dianalisa dan dikembangkan, buku ajar ini menjadi menarik bagi pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa kelas I.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farodisa, Ainulainulfarodisa@gmail.comF12615256
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Farodisa Ainul
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:41
Last Modified: 14 Oct 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35929

Actions (login required)

View Item View Item