PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA ALBUM FOTO KENANGAN PADA SISWA KELAS V MI HASYIM ASY’ARI BANGSRI SUKODONO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzulqornain, Iskandar (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA ALBUM FOTO KENANGAN PADA SISWA KELAS V MI HASYIM ASY’ARI BANGSRI SUKODONO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan materi yang harus dikuasai oleh siswa untuk itu diperlukan keterampilan menulis yang baik dalam suatu karangan .akan tetapi hasil observasi terhadap siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono yang masih rendah kemampuannya dalam menulis karangan.
Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah(1) bagaimana penerapan media album foto kenangan untuk meningkatkan keterampilan menulis pengalaman pribadi pada pelajaran bahasa indonesia kelas V MI Hasyim asy’ari , (2) Bagaimana peningkatan menulis pengalaman pribadi dengan mengunakan media album foto kenangan pada pelajaran bahasa indonesia kelas V MI Hasyim Asy’ari. Berkaitan dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana penerapan media album foto kenangan pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi pada mata pelajaran Bahasa indonesia siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari melaui media album foto kenangan..
Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II Subyek penelitian ini adalah siswa MI Hasyim Asy’ari sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa keterampilan menulis pengalaman pribadi melalui media album foto kenangan. Teknik nontes berupa observasi,wawancara dan dokumentasi.
Tekhnik analisis data pada skripsi ini secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisa data pada penelitian siklus I dan siklus II diketahui ada peningkatan nilai rata2 kelas yang diperoleh siswa dalam pengajaran menulis pengalaman pribadi pada siklus I terjadi klasikal kelas 56 % dalam kategori kurang. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal menjadi 80%.
Penerapan media Album Foto Kenangan pada materi menulis karangan pribadi berjalan dengan baik melaui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada tiap siklus. Dilihat dari observasi aktifitas guru yang meningkat dari siklus I 72,22%( cukup) menjadi 86,11%. Dan observasi siswa yang meningkat dari siklus I 71,4% menjadi 87,5% Dapat dilihat juga dari hasil tes produk dari siklus I dengan nilai ketuntasan sebesar 56% naik menjadi 80% pada siklus II. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis pada materi menulis pengalaman pribadi melalui media album foto kenangan Melalui media album foto kenangan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dari awalnya siswa hanya menggunakan khayalan ktika menulis karangan pengalaman pribadi , dengan menggunakan media album foto , siswa lebih mudah untuk menceritakan pengalaman pribadinya secara nyata sesuai dengan media foto yang dibawanya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nadlir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzulqornain, IskandarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Ketrampilan Menulis; Bahasa Indonesia; Album Foto Kenangan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 07:25
Last Modified: 19 Jan 2016 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3602

Actions (login required)

View Item View Item