Komunikasi Kepemimpinan dalam Film Moneyball: analisis Semiotika model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irfandy, Muhammad Naufal (2019) Komunikasi Kepemimpinan dalam Film Moneyball: analisis Semiotika model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Naufal Irfandy_B06215025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dasar yang melandasi penyusunan penelitian ini adalah fenomena penyampaian sebuah pesan mengenai komunikasi kepemimpinan baik secara eksplisit maupun implisit dalam bentuk karya sinematografi berupa film. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan simbol komunikasi kepemimpinan dalam film Moneyball. Dengan menggunakan pendekatan kritis dipadupadankan dengan analisis semiotika model Roland Barthes, diharapkan petanda dan penanda serta makna denotatif dan konotatif dalam ditemukan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah temuan data mengenai simbol dan makna komunikasi kepemimpinan berupa tindakan seorang pemimpin yang mendengarkan suara para bawahan, memiliki rasa empati terhadap bawahan, memberi motivasi dan dukugan kepada bawahan, serta memberi reward dan juga punishment yang sesuai. Peneliti memberikan rekomendasi yakni agar penelitian ini dapat dijadikan dasar bagi penelitian serupa nantinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irfandy, Muhammad Naufalifan6naufal@gmail.comB06215025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, AliUNSPECIFIED197106021998031001
Subjects: Komunikasi
Film
Kepemimpinan
Keywords: Film; Komunikasi Kepemimpinan; Semiotika; Moneyball
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Naufal Irfandy
Date Deposited: 02 Jan 2020 01:38
Last Modified: 02 Jan 2020 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36734

Actions (login required)

View Item View Item