This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yusron, Muhammad (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 21 KAPAS BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang berjudul Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Dengan menggunakan Metode Mind mapping Pada Kelas V MI Muhammadiyah 21 Kapas Kabupaten Bojonegoro ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimana penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran matematika materi bangun datar segitiga pada pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 21 Kapas. Apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa. Untuk memperoleh hasil tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif model PTK yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Sebagai populasi adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro yang berjumlah 20 siswa. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Adapun data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan persentase peningkatan pemahaman siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa dan guru dengan menggunakan metode mind mapping pada materi bangun datar segitiga. (2) Untuk mengetahui tingkat pemahaman dari dari siswa terhadap penggunaan metode mind mapping pada materi konsep bangun datar segitiga.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil tes pemahaman. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 72% meningkat pada siklus II menjadi 87%. Untuk hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 74% meningkat menjadi 88%. Hal ini dapat dapat disimpulkan, bahwa pelaksanaan PTK telah melampaui indikator kinerja yang ditentukan yaitu 80%. Adapun hasil tes pemahaman pada siklus I mencapai 45% meningkat menjadi 80%. Dari hasil tes pemahaman dapat dapat disimpulkan, bahwa hasil tes pemahaman pada siklus II telah melewati indikator kinerja yang ditentukan yaitu 75%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Lisanul Uswah Sadieda | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Mind Mapping; Bangun Datar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2016 08:06 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2016 08:06 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3785 |
Actions (login required)
View Item |