تغييرات الأوزان العروضية و عناصر القافية في القصيدة " لمن طلل بين الجديّة والجبل" لامري القيس

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Nurul (2019) تغييرات الأوزان العروضية و عناصر القافية في القصيدة " لمن طلل بين الجديّة والجبل" لامري القيس. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hidayah_A91216092.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perubahan Wazan Irama dan Sajak Qasidah “Orang yang hancur diantara Judayyah dan Gunung ” karya Umru' Al Qais

Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengetahui wazan ‘arudl dari berbagai perubahan dan qafiyah yang digunakan dalam qasidah “Liman Tholalun bayna al-Judayyah wa al-Jabal” Karya Umru’ Al-Qais. Teori sastra yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori objektif, yakni dengan meneliti qasidah “Liman Tholalun bayna al-Judayyah wa al-Jabal” dari segi irama ‘arudl (yaitu hasil pengulangan dari beberapa taf’ilah), perubahan yang berupa zihaf (kecepatan irama) dan ‘illat (kecacatan irama), dan qawafi (yaitu ujung kata yang ada didalam bait syi’ir). Metode yang digunakan adalah metode deskrptif kualitatif.Adapun temuan hasil penelitian dalam Perubahan Wazan ‘Arudl dan Qawafi pada Qasidah “Liman Tholalun bayna al-Judayyah wa al-Jabal” Karya Umru’ Al-Qais menunjukkan bahwa: 1. Menggunakan bahar thawil.2. Perubahan wazannya ada dua macam yaitu Zihaf mufrod dan Zihaf al-Jarii Majrii al-‘Illat.Qafiyah yang digunakan dalam qasidah “Liman Tholalun bayna al-Judayyah wa al-Jabal” adalah sebagai berikut: 1. Kata-kata pada qasidah karya Umru’u al-Qais terdiri dari 3(macam)bentuk kata yaitu: a) Satu kata, b) Satu kata dan sebagian kata, c)Dua kalimat terdapat pada bait. 2) Huruf qafiyah berupa al-Rawi (huruf yang dijadikan dasar dan pedoman dalam qasidah) seluruh bait berakhiran dengan huruf Lam. 3) Harakat qafiyah taujih ( harakat sebelum Rawi Muqayyad) yaitu berharakat Sukun.4)Anwa’ul qafiyah qasidah “Liman Tholalun bayna al-Judayyah wa al-Jabal” karya Umru’u al-Qais termasuk qofiyah Muqayyadah Mujarradah. 5) ‘Uyubul qafiyah yang terdapat pada qasidah “Liman Tholalun bayna al-Judayyah wa al-Jabal” adalah sinad at-Taujih (perselisihan antara harakat huruf sebelum Rawi Muqayyad) yang terdapat pada bait 14 dan 15. 6) Nama qafiyah pada qasidah “Liman Tholalun bayna al-Judayyah wa al-Jabal” adalah al-Mutadarak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Nurulhidayahnh05@gmail.comA91216092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Perubahan Wazan ‘Arudl; Qawafi; Qasidah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 02 Jan 2020 05:04
Last Modified: 12 Feb 2020 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37906

Actions (login required)

View Item View Item