Pesan dakwah cerita “Ulet Seperti Kupu-Kupu” dalam buku Bait Cinta Sang Musafir karya Andy Sukmana Lubis: perspektif sosiolinguistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'ruf, M. Imam (2019) Pesan dakwah cerita “Ulet Seperti Kupu-Kupu” dalam buku Bait Cinta Sang Musafir karya Andy Sukmana Lubis: perspektif sosiolinguistik. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Imam Ma'ruf_B01216024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini membahas tentang apa saja pesan dakwah cerita Ulet Seperti Kupu-Kupu yang terkandung dalam buku Bait Cinta Sang Musafir Karya Andy Sukmana Lubis(perspektif sosiolinguistik). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis non kancah dengan perspektif sosiolinguistik.Peneliti memfokuskan analisis pada dua aspek yaitu Variasi Bahasa (Preston and Shuy) dan Fungsi Bahasa (Roman Jacobson)serta teknik analisis data Miles and Huberman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian terhadap pesan dakwah cerita “ulet seperti kupu-kupu” dalam buku bait cinta sang musafir karya Andy Sukmana Lubis mengandung variasi atau gaya bahasa dialek, idialek, kronolek, dan sosiolek. Variasi atau gaya bahasa tersebut memiliki tujuan agar seluruh kalangan masyarakat memiliki kecintaan terhadap buku bacaaan yang tidak memandang umur, status, dan kelas sosial. Pada fungsi bahasa mengandung beberapa fungsi emotif, konatif, metalingual, referensial, dan fatis sehingga menghasilkan pesan bahwa sebagai manusia harus bersyukur kepada Allah, pantang menyerah dan sabar dalam menghadapi ujian, mencintai proses kehidupan. Pesan dakwah yang terdapat dalam buku ini adalah pesan aqidah yang terutamaIman kepada Allah SWT dan Iman kepada Qadha dan Qadar, sedangkan pesan Akhlak lebih kepada Akhlak kepada Allah dan Akhlak kepada manusia. Untuk mendapatkan sebuah hasil penelitian yang bervariasi dan kompleks dari isi buku, maka peneliti berharap agar buku bait cinta sang musafir mampu dikaji semua pesan dakwahnya dengan menggunakan analisis maupun objek yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'ruf, M. ImamMarufjr05@gmail.comB01216024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk FikriUNSPECIFIED196912041997032007
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama
Akhlak
Akhirat > Hari Kiyamat
Akhirat
Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah
Dakwah > Dakwah - Islam
Dakwah > Dakwah - Materi
Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Dakwah > Dakwah, Psikologi
Islam
Komunikasi Dalam Islam
Komunikasi Islam
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Wajib Belajar
Linguistik
Keywords: Pesan Dakwah; Ulet Seperti Kupu-kupu, Buku Bait Cinta Sang Musafir; Variasi Bahasa; Fungsi Bahasa; Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M. Imam Ma'ruf
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:50
Last Modified: 03 Jan 2020 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37922

Actions (login required)

View Item View Item