Konsepsi Teologis Mahasantri Ma'had Aly Al Fithrah Surabaya tentang Kafir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatah, Abd. (2019) Konsepsi Teologis Mahasantri Ma'had Aly Al Fithrah Surabaya tentang Kafir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Fatah_E21215055.pdf

Download (951kB)

Abstract

Term kafir merupaka isu yang sangat sensitive dikalangan para pemeluk agama terutama jika dibenturkan dengan adanya kepentingan politik didalamnya. Kafir dalam teologi Islam diartikan sebagai orang yang tidak mempercayai ajaran yang dibawa oleh Rasulullah, meskipun mereka telah didakwahi mengenai Islam akan tetapi mereka menolak untuk beriman. Berawal dari situ penelitian ini ingin menjawab rumusan masalah yaitu: 1.Bagaimana konsep kafir dalam pandangan Mahasantri Ma’had Aly al-Fithrah? 2.Apakah faktor-faktor yang melatarbelakangi pemikiran Mahasantri Ma’had Aly al-Fithrah? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Setelah melakukan penelitian ini, Kafir dalam pandangan Mahasantri Ma’had Aly Al Fithrah adalah orang yang mengingkari Allah dan ajaran yang dibawa oleh rasulullah, ada kafir yang memusuhi Islam yaitu kafir harbi dan ada yang tidak memusuhi agama Islam adalah kafir dzimmi. Mahasantri berpandangan bahwasanya orang mu’min yang berperilaku seperti orang kafir, dia tetap dinamakan sebagai orang mu’min meskipun dalam kategori mu’min yang tidak ideal. Selama dia bersyahadat, tugas kita hanya mendakwahi mereka dengan dakwah bil hikmah wa mau‘izatu al hasanah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatah, Abd.radenfatah117@gmail.comE21215055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, MuktafiUNSPECIFIED196008131994031003
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED196209271992031005
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Teologi
Santri
Keywords: Kafir; Mahasantri
Depositing User: abdul fatah
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:14
Last Modified: 03 Jan 2020 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38132

Actions (login required)

View Item View Item