This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aminah, Siti (2014) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I MI NURUL ISLAM KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Mengajar bukan hanya sebuah proses mekanis untuk menyajikan pelajaran dan kemudian menguji siswa, namun mengajar merupakan seni yang menyajikan kreativitas yang sistematis untuk mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan dengan beragam latar belakang siswa. Realitasnya banyak ditemui oleh peneliti bahwa guru menguasai mata pelajaran dengan baik tetapi tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Hal ini terjadi karena rendahnya tingkat perencanaan yang harus disiapkan oleh guru sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang maksimal. Selain itu, kegiatan pembelajaran yang tidak didasrkan pada penggunaan metode dan media pembelajaran sehingga berakibat rendahnya hasil pembelajaran.
Berdasarkan hasil pembelajaran yang yang kurang memuaskan, maka dari itu perlu diterapkan pembelajaran yang intensif, tidak hanya guu tetapi peran siswa juga diperlukan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman dalam proses belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana penggunaan media kartu dalam pembelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas I di MI Nurul Islam Surabaya 2)bagaimana kemampuan membaca pada siswa kelas 1 MI Nurul Islam Tambaksari Surabaya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media kartu.
Ssubjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 22 yang terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah PTK yang menggunakan metode pengambilan data secara deskriptif dan kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi dan pengukuran tes membaca.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh antara siklus 1 dengan siklus II menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Hal itu dibuktikan dengan adanya bukti dari hasil belajar siswa serta observasi yang dilakukan. Berdasarkan analisis data menunjukkan dari data hasil tes siklus I menunjuknan dalam prosentase 70% dan setelah melakukan tindakan siklus II menjadi 90%. Jadi antara siklus I dengan siklus II tindakan yang dilakukan oleh peneliti terdapat pengaruh yang sangat besar
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Mudhofir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pengajaran |
||||||
Keywords: | keterampilan Membaca; Media Kartu | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2016 03:53 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2016 03:53 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3851 |
Actions (login required)
View Item |