Peran Pondok Pesantren Terhadap Kegiatan Bisnis Di Kampung Madinah Desa Temboro Kec Karas Kab Magetan Analisis Etika Bisnis Islam: Studi Kasus Pengusaha Lingkungan Pondok Pesantren Temboro.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alwi, Fadhol Muhammad Luthfi (2019) Peran Pondok Pesantren Terhadap Kegiatan Bisnis Di Kampung Madinah Desa Temboro Kec Karas Kab Magetan Analisis Etika Bisnis Islam: Studi Kasus Pengusaha Lingkungan Pondok Pesantren Temboro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadhol Muhammad Luthfi Alwi_F02416086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitan ini berjudul Peran Pondok Pesantren Terhadap Kegiatan Bisnis Di Kampung Madinah Desa Temboro Kec Karas Kab Magetan Analisis Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pengusaha Lingkungan Pondok Pesantren Temboro)Penelitian ini menjawab persoalan bagaimana terbentuknya brand image Kampung Madinah, peran pondok pesantren dalam penerapan etika bisnis Islam dan penerapan etika bisnis islam di kampung madinah Temboro. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif diskriptif. Objek Penelitian adalah pelaku bisnis di Kampung Madinah Temboro kec Magetan. data diperoleh dari data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan observasi di lapangan, sedangkan data sekunder didapat dari studi literatur yang terkait penulisan.Hasil penelitian menunjukakan bahwa Brand Image Kampung Madinah terbentuk seiring berkembangnya dunia digital yang sangat pesat. Sehingga netizen banyak mepertimbangkan adat dan kebiasaan warga dan santri di Temboro yang kehidupanya menyerupai masyarakat Timur Tengah dengan memakai jubah dan cadar. Pihak desa tidak mempunyai pakem resmi untuk mendapatkan brand tersebut. perekonomian di Temboro terangkat setelah tahun 2000. Pembangunan wisata religi yang dibuat pondok serta berkumpulnya jamaah tabligh dari penjuru daerah hingga luar negeri. hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar untuk meningkatkan perekonomian. Dalam perjalananya membimbing warga dan jamah tabligh dalam berdagang pihak pondok memberikan taklim tentang bermuamalah dalam pendidikan formal dan non formal serta mengadakan taklim di dalam pasar setiap hari kamis jam 10.00 WIB dan mengadakan taklim antar pedagang setian 2 bulan sekali. Dalam penelitian ini masih banyak faktor yang bisa dikembangkan lagi untuk penelitian lanjutan. Mengulas perkembangan teknologi dalam perdagangan, nilai lebih dari adanya khidmad kepada pelanggan dan juga perubahan adat istiadat yang berlangsung pada kampung madinah. Hal ini akan menjadikan perubahan hasil di kemudian hari dalam etika bisnis Islam di Kampung Madinah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alwi, Fadhol Muhammad LuthfiFadhol.94@gmail.comF02416086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahrur, UlumFahrurulum@gmail.com2006097203
Subjects: Adab
Ekonomi Islam
Jual Beli
Pemberdayaan
Santri
Keywords: Kampung Madinah; Desa Temboro,Pondok Pesantren, Al-Fatah Temboro; Barand Image; Etika Bisnis Islam; Jamaah Tabligh; Jual Beli.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fadhol Muhammad Luthfi Alwi
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:14
Last Modified: 08 Jan 2020 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38817

Actions (login required)

View Item View Item