النقد الأدبي النسوي على قصة عذراء جاكرتا لنجيب الكيلاني: دراسة سياسية جنسية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asghar, Ali (2010) النقد الأدبي النسوي على قصة عذراء جاكرتا لنجيب الكيلاني: دراسة سياسية جنسية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ali Asghar_A31206007.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39292

Abstract

Kritik Sastra feminis adalah kesadaran pembaca bahwa ada perbedaan penting dalam jenis kelamin pada makna dan perebutan makna karya sastra. kritik ini meletakkan dasar bahwa ada gender dalam analisis sastra. Dimana gender turut menentukan peran dan status perempuan. Oleh karena itu, dalam pembahasan ini menggunakan sexual politics sebagai pegangan dalam pemahaman analisis pembahasan novel. Adapun masalah yang diteliti dalam pembahasan ini adalah (1) apakah yang dimaksud kritik sastra feminis? (2) apakah yang dimaksud sexual politics ? (3) bagaimana nilai kisah novel ini menurut perspektif kritik sastra feminis? Berkenaan dengan itu, peneliti memusatkan perhatian pada kosakata seksis dan streotipe gender yang ada dalam cerita novel ini, serta mengungkap bagaimana gambaran "sikap pasif "hanya pada perempuan. Novel ini merupakan novel yang sarat akan muatan ideologi gender, melalui pendekatan kritik sastra feminis novel ini dapat disimpulkan ada ketidakadilan gender dalam pencitraan tokoh perempuan. Hal ini bisa dilihat dalam pencitraan tokoh perempuan seperti Tanti, Murni dan Fatimah dimana mereka mengalami penindasan dan kekerasan oleh laki-laki. Melalui pendekatan ini pula peneliti melihat adanya kemapanan tradisi yang memihak kepada laki-laki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asghar, Ali--A31206007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Subjects: Gender
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Sastra feminis; gender ; peran perempuan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:54
Last Modified: 09 Mar 2020 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39292

Actions (login required)

View Item View Item