PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA ANAK MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V MI NURUL ISLAM SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Julaikah, Siti (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA ANAK MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V MI NURUL ISLAM SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita anak. Hal ini disebabkan guru sering menggunakan model pembelajaran langsung. Saat diterapkan model pembelajaran ini banyak siswa yang mengobrol dan kurang antusias terhadap pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan siswa sudah bosan dengan model yang digunakan. Akibatnya berdampak pada hasil belajar siswa yag rendah yang dibuktikan dari nilai ulangan harian yaitu dengan rata-rata nilai siswa 65,35. Jumlah total 20 siswa terdapat 15 siswa belum mencapai KKM dan hanya 5 siswa mencapai KKM. Model pembelajaran langsung kurang efektif apabila diterapkan pada materi cerita anak karena siswa cenderung hanya sebagai pendengar yang pasif. Padahal materi cerita anak KD menyimpulkan isi cerita anak bukan hanya pemahaman teori tetapi menekankan keaktifan siswa untuk membaca dan memahami isi cerita. Hal tersebut berdampak siswa mengalami kesulitan untuk menyimpulkan isi cerita anak yang dibaca.Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran (CIRC).
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Model CIRC dalam Meningkatkan Hasil Belajar bahasa Indonesia materi Cerita Anak pada siswa kelas V MI Nurul Islam Sidoarjo ? (2) Bagaimana Peningkatan hasil belajar materi Cerita Anak pada siswa kelas V MI Nurul Islam Sidoarjo setelah penerapan CIRC ?
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan model PTK Kurt Lewin. Dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes tulis, penilaian performance. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran CIRCdalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi cerita anak berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan aktifitas guru siklus I adalah 72,2 meningkat menjadi 94,4 pada siklus II. Sedangkan perolehan aktifitas siswa siklus I adalah 69 meningkat menjadi 88,8 pada siklus II. (2) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model CIRC mengalami peningkatan. Hal tersebut dilihat dari perolehan nilai rata-rata pra siklus 65,35 prosentase ketuntasan 25%, meningkat pada siklus I nilai rata-rata 72,7 presentase ketuntasan 70% (Cukup) tapi belum sesuai target yang ditentukan yaitu 80% dan silkus II meningkat dengan rata-rata 80,95 prosentase ketuntasan 85% (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Bahri Musthofa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Julaikah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; Bahasa Indonesia; Cerita Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2016 02:40
Last Modified: 26 Jan 2016 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3967

Actions (login required)

View Item View Item