تأثير تطبيق وسيلة التعليم فلم الكرتون لترقية كفاءة مهارة الكتابة في الصف العاشر بمدرسة بحرالعلوم الثانوية الإسلامية موجوكرطا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadani, Evin Nikmatur (2012) تأثير تطبيق وسيلة التعليم فلم الكرتون لترقية كفاءة مهارة الكتابة في الصف العاشر بمدرسة بحرالعلوم الثانوية الإسلامية موجوكرطا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evin Nikmatur Rahmadani_D02208050.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39679

Abstract

Pengaruh penerapan media belajar Film Kartun untuk meningkatkan kemampuan keterampilan menulis siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Mojakerto

Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat penting untuk dipelajari, namun banyaknya siswa yang merasa kesulitan dalam mcmpclajarinya menuntut pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran, dengan tujuan siswa dapat lebih maksimal dalam menerima pelajaran yang terkait dalam kemampuan berbahasa Arab. Adapun media belajar yang dibahas dalam penelitian ini adalah penerapan film kartun, sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam hal ini imla'. Dikarenakan guru lebih sering memberikan pembelajaran mengarang, sehingga murid lemah dalam imla', padahal kita tahu bahwa imla' juga termasuk dalam kemampuan menulis siswa. Agar selain mengarang siswa juga mampu menulis kembali informasi yang telah didengarnya. Penelitian ini benujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media belajar film kartun dalam meningkatkan kemampuan keterampilan menulis siswa kelas X di Madrasah Aliyah "Bahrul 'Ulum" Mojokeno. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah uji coba, observasi, interview, angket, test, dan dokumentasi. Adapun peneliti mengambil 33 siswa kelas X sebagai sampel. Dan untuk menyimpulkan hasil yang dikehendaki maka peneliti menggunakan rumus "t-test". Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui dengan hasil dari beberapa angket 76,17% , melihat dari hasil test 24,13 % maka dihasilkan (t/to) dengan nilai 9,071 dan nilai (to) di jadwal atau (td terhadap 5% dentjat : 2,00 dan ini menunjukkan (to) lebih besar dari (tI) adalah: 34185> 2057 maka Hipotesis Kerja (Ha) diterima dan (Ho) Hipotesis Nol ditolak maka dari itu adanya pengaruh penerapan media belajar film kartun untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di Madrasah Aliyah "Bahrul 'Ulum" Mojokerto. Dan semoga pembahasan ini bermanfaat dan barakah bagi pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadani, Evin Nikmatur--D02208050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, M.--2020027401
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media belajar; Film Kartun; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Apr 2020 09:24
Last Modified: 14 Apr 2020 09:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39679

Actions (login required)

View Item View Item