PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS I-A MIN KAMAL BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uripah, Siti (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS I-A MIN KAMAL BANGKALAN. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal tentang proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang ada di MIN Kamal Bangkalan, guru belum memanfaatkan media pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, ada beberapa siswa yang kurang aktif dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga masih ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM yang telah ditentukan. Permasalahan ini coba di atasi dengan penggunaan media kartu dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu pada peserta didik kelas I MIN Kamal Bangkalan. 2) Meningkatkan motivasi membaca peserta didik kelas I MIN Kamal Bangkalan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi beberapa tahap yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan tes akhir per siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas I-A MIN Kamal Bangkalan, dengan jumlah siswa 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester satu tahun pelajaran 2014/2015, jenis data yang dipakai dalam penelitian ini berupa nilai pretes formatif sebelum dilaksanakan penelitian, soal pretes sebanyak 8 soal, lembar observasi keterampilan mengajar guru dan lembar observasi aktivitas siswa.
Hasil penelitian peningkatan motivasi belajar membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I-A MIN Kamal Bangkalan melalui penggunaan media kartu dapat meningkatkan motivasi membaca siswa. Hal ini terlihat dari partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, serta hasil observasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran terhadap peneliti sebagai guru maupun observasi pada pembelajaran. Berdasarkan evaluasi tes formatif dari setiap siklus, hasil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Dari tes akhir siklus I nilai ketuntasan klasikalnya adalah 72 dengan persentasenya sebesar 68%, sedangkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa dan yang belum tuntas adalah 17 siswa. Pada siklus II hasil yang diperoleh meningkat menjadi 81 dengan persentase mencapai 100%. Pada siklus II ini, ketuntasan klasikalnya adalah 81 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100.
Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan kepada guru bahwa pembelajaran menggunakan media kartu diharapkan dapat diaplikasikan terus supaya ada variasi dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Pencapaian tujuan pembelajaran adalah poin penting dalam proses pembelajaran, oleh karena itu guru harus mengetahui bagaimana cara yang tepat yang bisa memotivasi siswa untuk selalu aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung sehingga prestasi yang diperoleh bisa maksimal

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutikno
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uripah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Media Kartu; Motivasi Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 07:05
Last Modified: 26 Jan 2016 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item