BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN “HIJABMURAHSBY” DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Putri Noor (2015) BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN “HIJABMURAHSBY” DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (a). Faktor-faktor apa saja yang menentukan bauran komunikasi pemasaran pada “hijabmurahsby”; (b). Bagaimana penerapan bauran komunikasi pemasaran “hijabmurahsby” dalam meningkatkan volume penjualannya

Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan interaksi simbolik yang berguna untuk mengetahui interaksi yang terjadi antar individu yang satu dengan yang lainnya ketika proses pemasaran di “hijabmurahsby”, kemudian data tersebut dianalisis dengan teori bauran promosi (promotion mix) dari Philip Kotler.

Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: Ada faktor internal dan eksternal yang menentukan bauran komunikasi pemasaran “hijabmurahsby”. Pada faktor internal yang mendukung diantaranya tempat yang sesuai, promosi yang digunakan online maupun offline. Ada juga faktor internal yang menghambat yaitu kurangnya tenaga yang membantu. Pada faktor eksternal yang mendukung ketika hari lebaran, omset penjualannya naik 2-3kali lipat daripada hari biasa. Adapun faktor eksternal yang menghambat yaitu banyaknya pesaing usaha yang menjual produk serupa.

Penemuan selanjutnya, penerapan bauran komunikasi pemasaran di “hijabmurahsby” yaitu: (a). Produk. Dari tahun pertama sampai tahun ketiga ada beberapa pengembangan produk, dan penambahan produk baru. Kemudian untuk kualitas produk, dan penyajian produk lebih ditingkatkan lagi. Pada tahun pertama “hijabmurahsby” hanya menjual pakaian dan jilbab itupun juga dropship. Pada tahun kedua, menjadi menjual pakaian, jilbab, jarum pentul premium di dalam wadah kaca (men-supply semua produk di rumah). Pada tahun ketiga memasarkan pakaian, jilbab, jarum pentul premium di dalam wadah kaca, dan juga bros (men-supply semua produk di rumah); (b). Harga. Cara penetapan harga, melihat kesusaian harga dengan produk yang ditawarkan, selain itu juga disesuaikan dengan harga di pangsa pasar; (c). Promosi. “Hijabmurahsby” menggunakan promosi offline dan juga online dalam memasarkan produknya. Pada promosi online sangat memanfaatkan sosial media, khususnya instagram dengan baik.

Tidak hanya itu, “hijabmurahsby” memberikan penawaran promo menarik lainnya seperti program pahe, sale, afiliasi di website, dll; (d). Distribusi. Cara “hijabmurahsby” menyalurkan produknya ke konsumen, menggunakan rumah owner sebagai tempat untuk menyimpan stock sekaligus pemasaran produknya.

Bertitik dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh ”hijabmurahsby” adalah dengan menambahkan tenaga kerja yang membantu agar dapat mengoptimalkan pelayanan kepada customer. Kemudian promosi juga perlu digalakkan lagi dengan mengiklankan produk untuk memperkuat jaringan bisnis. Selanjutnya pembuatan kartu nama juga perlu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muchlis
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Putri NoorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Pemasaran
Keywords: Bauran Komunikasi Pemasaran; Onlineshop; Volume Penjualan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr. Suprapto Suprapto
Date Deposited: 27 Jan 2016 16:05
Last Modified: 27 Jan 2016 16:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4137

Actions (login required)

View Item View Item