فعالية تطبيق وسيلة مودل Moodle لترقية مهارة القراءة لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة "حسن الدين" المتوسطة الإسلامية غيداغان سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Nurul (2020) فعالية تطبيق وسيلة مودل Moodle لترقية مهارة القراءة لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة "حسن الدين" المتوسطة الإسلامية غيداغان سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fadilah_D72215048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa arab di MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo masih tradisional terutama saat pembelajaran qiroah. Guru hanya menyampaikan materi kepada siswa tanpa adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran yang ada, dan latar pendidikan siswa yang heterogen, dan hal tersebut dapat menghambat kemampuan membaca mereka. Maka dari itu, peneliti menerapkan media berbasis elektronik dengan menggunakan jaringan internet, yaitu Moodle untuk meningkatkan Keterampilan Membaca. Peneliti membahas tentang Efektivitas Penerapan Media E-Learning Moodle untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Siswa MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas VIII MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo. 2) Bagaimana penerapan media E-Learning Moodle untuk meningkatkan keterampilan membaca pada pembelajaran bahasa arab siswa kelas VIII MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo. 3) Bagaimana efektivitas media E-Learning Moodle untuk meningkatkan keterampilan membaca pada pembelajaran bahasa arab siswa kelas VIII MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposis sampling. Peneliti mengambil sampel kelas VIII , dengan jumlah siswa 30 orang. Dan instrumen penelitian yang digunakan adalah: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi, 4) Tes dan 5) T-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas penerapan media E-Learning Moodle dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Pernyataan ini berdasarkan hasil dari analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil: T-hitung (8,8) lebih besar dari pada T-tabel (2,04). Maka Ho ditolak Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Nurulnurulfadilah1945@gmail.comD72215048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, M. Yunuselyunusy@gmail.com2015026502
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Keywords: Keterampilan Membaca; E-Learning Moodle
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Fadilah
Date Deposited: 23 Jul 2020 08:33
Last Modified: 23 Jul 2020 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41911

Actions (login required)

View Item View Item