Implementasi permainan transportasi angka dalam mengembangkan konsep penjumlahan pada anak kelompok B di RA Perwanida Rejoso Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayu, Merita Putri (2020) Implementasi permainan transportasi angka dalam mengembangkan konsep penjumlahan pada anak kelompok B di RA Perwanida Rejoso Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Merita Putri Ayu_D98216072.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan konsep penjumlahan pada anak kelompok B Di RA Perwanida Rejoso. Kegiatan pembelajaran penjumlahan yang dilakukan di RA Perwanida Rejoso awalnya masih menggunakan pembelajaran secara abtrak dan masih banyak sekali anak-anak yang belum mudah dalam belajar tentang penjumlahan, kemampuan anak dalam menjumlahkan masih banyak sekali yang belum bisa. Disini guru memberikan berbagai macam bentuk permainan dan kegiatan lain untuk menunjang anak-anak dalam belajar konsep penjumlahan dengan mudah yaitu menggunakan permainan transportasi angka. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana implementasi permainan transportasi angka dalam mengembangkan konsep penjumlahan pada anak kelompok B di RA Perwanida Rejoso, kemudian (2) bagaimana kemampuan penjumlahan menggunakan permainan transportasi angka pada anak kelompok B di RA Perwanida Rejoso, dan (3) apa faktor pendukung dan penghambat dari implementasi permainan transportasi angka dalam mengembangkan konsep penjumlahan pada anak kelompok B di RA Perwanida Rejoso. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan kualitatif dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman dimana prosesnya dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi permainan transportasi angka pada anak kelompok B Di RA Perwanida rejoso sudah bagus, hal ini terbukti dari hasil analisis yang menyatakan bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang ada di sekolah, kemampuan anak dalam penjumlahan menggunakan permainan transportasi angka ini sangat meningkat, anak-anak sudah bisa melakukannya sendiri tanpa belajar penjumlahan secara abstrak. Permainan ini dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah guru buat pada setiap harinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayu, Merita Putrimeritaputriayu@gmail.comD98216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Pendidikan > Anak
Keywords: Permainan Transportasi Angka; Konsep Penjumlahan Anak Kelompok B.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Merita Putri Ayu
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:07
Last Modified: 18 Aug 2020 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42702

Actions (login required)

View Item View Item